PKRS RSST – Tanahnya bergerak ke bawah sehingga meninggalkan lereng. Kejadian tanah longsor biasanya terjadi di wilayah yang terdapat banyak lereng dengan kemiringan di atas 45 derajat. Tetapi tidak tertutup kemungkinan tanah longsor bisa terjadi pada tanah datar. Penyebab tanah longsor juga dikarenakan terganggunya keseimbangan sehingga tanah menjadi labil dan mudah bergeser. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya air yang masuk ke dalam lapisan atmosfer bagian tanah kedap air yang berperan sebagai area gelincir.

Tanah longsor tidak jarang menimbulkan krisis kesehatan dan kerusakan bangunan, untuk itu perlu langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya tanah longsor di sekitar kita.

Tidak membuat kolam atau sawah di atas lereng.

Membuat kolam atau sawah di atas lereng adalah perbuatan yang bisa menimbulkan tingginya peluang terjadinya tanah longsor. Apabila dibuat sawah di atas lereng maka akan tercipta kolam air yang dapat menimbulkan daya hidrostatika sehingga bisa menimbulkan potensi gerakan tanah yang bisa tergeser dan bisa menimbulkan terjadinya longsor.

Tidak membangun rumah di daerah tebing.

Pilihlah tempat yang aman pada saat membangun rumah, apabila lokasi pembuatan rumah letaknya di perbukitan, maka pilihlah lokasi yang aman sehingga daerah rumah yang akan dibangun jauh dari potensi longsor.

Tidak menebang pohon di sekitar lereng.

Menebang pohon di sekitar lereng atau tebing bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor. Semakin banyak pohon akan semakin kuat dan stabil tanah yang ditanami. Akar-akar pohon tersebut bisa menyebar dan bersinggungan

Itulah penjelasan mengenai pengertian, penyebab serta langkah pencegahan terjadinya tanah longsor yang perlu diperhatikan. Semoga dapat menjadi pengetahuan dini demi mengurangi terjadinya bencana yang menimbulkan korban jiwa. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. Nabila Fakhryza Hamida dan Hasti Widyasamratri. 2019. Risiko Kawasan Longsor Dalam Upaya Mitigasi Bencana Menggunakan Sistem Informasi Geografis, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang. Vol 24 No 1 Tahun 2019, hlm. 68-70.
  2. pusatkrisis.kemkes.go.id
  3. https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mencegah-tanah-longsor/