Hal yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Erupsi Gunung Api

PKRS RSST – Indonesia berada di wilayah yang dipenuhi gugusan gunung berapi. Salah satu di antaranya gunung berapi aktif di Jawa Tengah adalah Gunung Merapi.

Jika anda saat ini sedang berada dekat titik erupsi atau berdomisili di kota-kota sekitar yang terdampak erupsi gunung berapi, berikut tips menghindari bahaya erupsi gunung api :

  1. Tetap tenang dan segera evakuasi diri jika disarankan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
  2. Tidak berada di lokasi yang diminta untuk dikosongkan.
  3. Tidak berada di lembah atau daerah aliran sungai.
  4. Hindari tempat terbuka, lindungi diri dari abu letusan gunung api.
  5. Sebelum meninggalkan rumah, kenakan pakaian berlengan panjang, celana panjang, dan pakai kacamata pelindung. Lepaskan lensa kontak jika anda menggunakannya. Jangan lupa kenakan masker.
  6. Jika tidak diperintahkan untuk evakuasi, tutup jendela dan pintu rapat-rapat untuk menghindari hujan abu masuk ke dalam rumah.
  7. Hujan abu vulkanik bisa menutupi seluruh atap dan perlu disapu setelah kondisi kembali normal. Abu bisa membebani atap dan merusaknya. Tapi jangan lupa untuk memakai masker saat membersihkan debu vulkanik.
  8. Hindari mengendarai mobil di daerah yang terkena hujan abu vulkanik sebab bisa merusak mesin kendaraan.
  9. Abu vulkanik dapat merusak mesin dan benda-benda yang terbuat dari logam atau metal. Jadi sebaiknya berhenti mengemudi saat kejadian. Apabila harus berkendara kemudikan dengan pelan-pelan jangan melebihi 56 kilometer per jam.

Tetap ikuti perkembangan terbaru apabila jika ada kejadian erupsi gunung berapi atau berada dekat dengan titik erupsi. Mencari tahu bagaimana status gunung saat ini, bagaimana potensi bencana susulan, daerah mana saja terdampak hingga adanya imbauan evakuasi. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. Asriningrum Wikanti, Heru Noviar, Suwarsono. 2004. Pengembangan Metode Zonasi Daerah Bahaya Letusan Gunung Api Studi Kasus Gunung Merapi. Jurnal Penginderaan Jauh dan Pengolahan Data Citra Digital Vol.1 No 1 Juni 2004 : 66-75.
  2. https://www.kompas.com/skola/read/2020/04/20/180000669/menghadapi-bencana-gunung-meletus?page=all.
  3. https://kumparan.com/temali/jangan-panik-lakukan-hal-ini-saat-gunung-mengalami-erupsi-1spuR19S6PM/full.
  4. https://ivoox.id/jika-terjadi-letusan-gunung-berapi-ini-panduan-mitigasinya/