Minggu depan kita umat Muslim akan masuk pada bulan suci Ramadhan. Perubahan waktu makan di bulan Ramadhan perlu diimbangi dengan menu makan sehat dan seimbang agar tidak menyebabkan gangguan pencernaan serta masalah kesehatan lainnya. Menu makan yang sehat juga diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar selama berpuasa.

Oleh sebab itu tentu kita harus lebih memperhatikan lagi mengenai asupan-asupan yang terbaik dan mengatur menu atau pola makan, yang semestinya kita siapkan dalam sajian menu buka puasa dan menu sahur. Pada prinsipnya, tubuh tetap memiliki kebutuhan nutrisi yang sama dengan saat kita tidak berpuasa. Meskipun jumlah makanan yang masuk tubuh mungkin berkurang, gizinya tetap harus tercukupi.

Sebagai upaya promotif dan preventif dalam rangka menyambut Ramadhan kepada masyarakat umum khususnya di wilayah Klaten, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro melaksanakan kegiatan sosialisasi di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten dengan tema Menu Sehat pada Bulan Ramadhan pada Rabu, 9 Mei 2018 pukul 08.00-08.30 WIB.

Pada siaran kesehatan RSPD ini, disampaikan juga materi mengenai bahaya dan kandungan rokok oleh dr. Zakiah Novianti, Sp.P, M.Kes. Materi yang dibahas terkait bahaya, kandungan rokok, permasalahan yang timbul terkait rokok, kebijakan pemerintah terkait rokok, dan lain sebagainya. Hal ini juga dalam rangka menyongsong Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh pada bulan Mei.

Selain itu juga disampaikan mengenai sekilas pelayanan di RSST oleh Martha Christa Uli Br.H, AMd. Materi yang disampaikan pelayanan di rawat jalan/poliklinik, jam pelayanan poliklinik, jam dan peraturan berkunjung, serta pelayanan yang ada di rawat inap.