RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) mempunyai beberapa komunitas, salah satu di antaranya adalah Komunitas Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI) Cabang Klaten. Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang ditandai dengan kondisi sel darah merah mudah rusak atau umurnya lebih pendek dari sel darah normal. Seseorang yang mengalami Thalassemia perlu melakukan transfusi darah, mengontrol kelebihan kelasi besi, suplementasi folat, dan lain sebagainya.

RSST memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien Thalassemia  dengan rawat inap dan pada saat ini beralih ke ODC Thalassemia. ODC Thalassemia atau One Day Care Thalassemia bertujuan untuk mempermudah pelayananan khususnya bagi pasien Thalassemia dengan rawat jalan.

RSST kembali melaksanakan agenda rutin temu komunitas POPTI Thalassemia beserta keluarga pada Bulan Februari tepatnya pada Minggu, 24 Februari 2019 di Car Free Day Klaten.

Dalam kegiatan ini, dr. Arif Handiarsa, M.Sc, Sp.A, Dokter Spesialis Anak di RSST memberikan sambutannya. Selanjutnya Ketua POPTI Cab. Klaten, Bp. Joko Wiyono juga memberikan sambutan kepada seluruh anggota yang telah hadir.

Dalam kegiatan, seluruh anggota POPTI diajak untuk mengikuti game-game yang telah disiapkan oleh panitia PKRS Humas. Sebagai motivator, Dra. Karni mengajak seluruh anggota / peserta untuk aktif. Selain game seluruh peserta juga diajak untuk mendongeng. Dengan harapan dari mendongeng tersebut seluruh anggota, khususnya anak-anak dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari dongeng atau cerita tersebut.

Kegiatan yang diikuti oleh para orang tua dan pasien Thalassemia yang rutin melakukan pengobatan di RSST ini berlangsung lancar. Seluruh anggota sangat antusias dan mengikuti kegiatan sampai selesai.