Pilihan 2 Pilihan 3 Pilihan 4 Pilihan 5 Pilihan 7 (2) Pilihan 8 Pilihan 9  Pilihan 11

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) kembali mengadakan kegiatan kampanye cuci tangan kepada pasien, keluarga pasien, dan seluruh pengunjung rumah sakit pada Jumat, 20 Oktober 2017 pukul 07.30 WIB di ruang tunggu pendaftaran (hall), ruang tunggu farmasi, ruang tunggu poliklinik rawat jalan, ruang tunggu rawat inap, ruang tunggu Hemodialisa, dan lain sebagainya.

Kegiatan kampanye dibuka oleh Ibu Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Eniarti, M.Sc, Sp.KJ, MMR yang dilanjutkan dengan pembagian tim kampanye menjadi 3 (tiga) kelompok. Masing-masing kelompok melaksanakan kegiatan sosialisasi di seluruh area-area yang telah ditentukan. Materi yang disampaikan mengenai pengertian, manfaat, kapan saja harus mencuci tangan, dan praktek 6 (enam) langkah cuci tangan.

Pada tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia yang merupakan momentum tepat untuk mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan tangan untuk mencegah penyakit melalui cuci tangan menggunakan sabun. Tahun ini mengangkat tema Our Hands, Our Future – Tangan Kita, Masa Depan Kita.

Tema tersebut diharapkan mampu mengingatkan tentang pentingnya mencuci tangan tidak hanya untuk melindungi kesehatan diri, juga diharapkan masyarakat dapat membangun masa depan bagi diri sendiri, komunitas, dan dunia. Karena mencuci tangan adalah cara yang terjangkau dan efektif melindungi kesehatan pasien dan masyarakat.

Tangan merupakan anggota badan yang banyak digunakan untuk melakuan berbagai macam kegiatan sehari-hari. Tangan yang selalu bersih dan sehat akan mencegah kita dari serangan berbagai penyakit, terutama penyakit menular. Oleh karena itu, cuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan preventif promotif dalam intervensi kesehatan masyarakat yang paling penting untuk dapat dilaksanakan.