Kenali Diabetes Mellitus

Klaten – Diabetes Mellitus (DM) merupakan suatu kumpulan gejala yang ditandai oleh adanya kadar glukosa darah yang tinggi yang disebabkan oleh kekurangan hormon pengatur kadar glukosa darah atau yang disebut dengan Hormon Insulin.

Sahabat sehat, penyakit DM merupakan penyakit degeneratif dan tidak menular sama sekali. Jadi sahabat sehat tidak perlu takut tertular DM. Penyakit DM bukan penyakit yang menular, tetapi merupakan penyakit yang dapat diturunkan. Ada faktor keturunan sebagai penyebabnya, kemudian oleh pengaruh lingkungan seperti kebiasaan makan yang berlebihan, kegiatan jasmani yang kurang, kebiasaan hidup santai, semuanya dapat memicu terjadinya DM. Dengan menghindari kebiasaan hidup yang tidak sehat tersebut, kita dapat terhindar dari DM apalagi kalau memang tidak ada faktor keturunan DM dalam tubuh kita.

Sebenarnya DM bukan penyakit, tetapi gangguan metabolik, jadi dalam hal ini sulit untuk sembuh total. Dapat dikatakan bahwa DM merupakan salah satu penyakit yang sifatnya permanen. Oleh karena itu, dalam kasus ini jika belum terjadi atau terjangkit penyakit tersebut lebih baik bagi kita untuk mencegah datangnya penyakit.

Usaha yang dapat dilakukan setelah didiagnosa DM adalah mengontrol gangguan metabolik tersebut sehingga dapat hidup nyaman dengan kondisinya, tetap produktif dalam berkarya, dan yang utama dapat meningkatkan kualitas hidup penderita, dan lain-lain.

Meskipun pada akhirnya DM tidak dapat disembuhkan, penyakit tersebut dapat ditangani dan dikontrol. Penderita DM dapat mempertahankan kadar gula darah agar tetap dalam kadar yang normal sehingga tidak menimbulkan komplikasi yang berupa penyakit lanjutan dari penyakit awal. Dengan demikian, penderita dapat tetap hidup normal seperti biasa tanpa muncul gejala diabetes yang mengganggu.

Beberapa hal terkait DM tersebut merupakan materi yang disampaikan dalam kegiatan siaran kesehatan di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kab. Klaten pada Rabu, 14 November 2018 dengan narasumber Daryanti, AMK sebagai upaya promotif dan preventif kepada masyarakat umum khususnya di wilayah Klaten. Hal ini juga dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia yang diperingati setiap 14 November setiap tahunnya.

Pada siaran kesehatan RSPD ini, disampaikan juga mengenai materi tentang informasi pelayanan One Day Care Thalassemia di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) oleh Doni Ari Wibowo, A.Md dari Instalasi Pemasaran dan Humas.

Materi disampaikan secara dialog interaktif selama kurang lebih 30 menit. Kegiatan siaran kesehatan rutin dilaksankan di RSPD Klaten setiap bulan sekali di hari Rabu minggu pertama sesuai dengan program kerja Unit Promosi Kesehatan Masyarakat (PKRS) RSST.