Posted by Sub Bagian Hukormas at Oktober 1, 2021 11:33 am Informasi Rumah Sakit

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro sebagai salah satu Rumah Sakit Rujukan pasien Ginjal Hipertensi menyelenggarakan kegiatan vaksinasi bagi para pasien penderita gagal ginjal yang rutin membutuhkan pelayanan hemodialiysa. Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan pada hari kamis 30 September 2021 mendapat perhatian khusus dari direktur utama RSST dr. Endang Widyawati, M. Kes dengan meninjau langsung kegiatan ini. Sebanyak 178 pasien rutin HD di RSST menjadi target. Selain pasien, kegiatan ini juga menyasar bagi para penunggu/ pengantarnya.
“Alhamdulilah, 100 persen target vaksinasi terpenuhi.” Tutur Dirut RSST, dr. Endang Widyaswati didampingi Kepala Instalasi Hemodialysa dr. Fredie Irijanto, PhD.Sp.PD-KGH, FINASIM dan Ketua Tim Vaksinasi RSST dr. Muslikhah Yuni Farkhati, M.Sc, Sp.A (K),.
Vaksinasi COVID-19 dianjurkan untuk pasien penyakit ginjal kronis (PGK) karena penyakit ini merupakan salah satu faktor prognosis yang lebih buruk bila penderitanya mengalami COVID-19. Data dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention) melaporkan bahwa PGK memiliki prevalensi yang tinggi, yaitu mencakup 15% dari total penduduk Amerika Serikat.
Bukti telah menunjukkan bahwa penyakit ginjal merupakan faktor risiko manifestasi klinis COVID-19 yang lebih berat dan peningkatan risiko mortalitas. Selain itu, PGK juga merupakan faktor risiko yang dapat memperburuk penyakit komorbid lain, seperti penyakit jantung koroner, diabetes mellitus, maupun hipertensi. Penyakit-penyakit ini juga merupakan faktor risiko dari manifestasi COVID-19 yang berat.
Dirut berharap dengan kegiatan ini, imunitas pasien-pasien hemodialisa semakin meningkat dan turut mensukseskan program program pemerintah dalam percepatan vaksinasi covid 19 bagi seluruh warga Indonesia.