Talkshow Kesehatan “Batu Ginjal dan Pelayanan Urologi di RSST” di Radio Candi Sewu Klaten

Klaten (21/8) – Penyakit batu ginjal adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter (saluran kemih membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, serta uretra (saluran kemih yang membawa urine ke luar tubuh).

Batu ginjal dapat disebabkan karena berbagai hal, seperti terjadi karena penderita tersebut urinenya pekat, urine pekat ada 2 (dua) penyebab, pertama dehidrasi karena kurang minum air putih, kedua karena makanan pembentuk batu itu berlebihan. Selain itu, bisa jadi karena ada masalah metabolisme di tubuhnya, jadi meskipun di setiap orang mempunyai zat penghambat pertumbuhan batu, ada orang yang kurang zat penghambatnya, jadi walaupun sudah diatur pola makan dan minumnya tetap saja bisa tumbuh batu.

dr. Fenditya Agung Nugroho, Sp.U; dokter spesialis Urologi di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) menjadi narasumber dalam live talkshow kesehatan di Radio Candi Sewu Klaten pada Rabu, 21 Agustus 2019 pukul 10.00 – 11.00 WIB dengan tema “Batu Ginjal dan Pelayanan Urologi di RSST”.

Talkshow kesehatan berlangsung selama 60 menit dengan metode dialog interaktif. Masyarakat dapat mengajukan pertanyaan seputar tema kepada narasumber melalui line telepon, WA maupun SMS ke nomor Radio Candi Sewu Klaten.

Talkshow kesehatan terbagi menjadi 6 (enam) segmen. Dari mulai segmen 3 (tiga) hingga segmen 5 (lima), ada 3 (tiga) sobat pendengar talkshow kesehatan di Radio Candi Sewu Klaten yang mengajukan pertanyaan seputar tema ini.

Dalam talkshow kesehatan ini, dr. Fenditya Agung Nugroho, Sp.U juga menyampaikan tips untuk mencegah penyakit batu ginjal, antara lain minumnya harus cukup, cara mengukurnya dengan melihat warna urinenya. Apabila warnanya putih tidak berubah berarti minumnya cukup, apabila berubah keruh berarti kurang. Lalu beraktifitas yang cukup karena jika batu itu masih kecil saat beraktifitas batunya akan turun.