Survei Simulasi Akreditasi SNARS Edisi I RSST

Klaten – Standar Akreditasi Rumah Sakit adalah pedoman yang  berisi tingkat pencapaian internasional dari The International Society for Quality in Health Care (ISQua) yang harus dipenuhi oleh rumah sakit dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sebagai organisasi non-profit yang mengusung visi untuk menjadi bahan akreditasi tingkat nasional dan internasional serta misi untuk membimbing dan membantu rumah sakit dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien melalui akreditasi, telah mendapatkan pengakuan dari ISQua.

Standar akreditasi untuk rumah sakit yang mulai diberlakukan pada Januari 2018 diberi nama Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 dan disingkat menjadi SNARS Edisi 1 Tahun 2017. SNARS Edisi 1 merupakan standar akreditasi baru yang bersifat nasional dan diberlakukan secara nasional di Indonesia.

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya akreditasi SNARS Edisi 1 pada akhir tahun ini, maka pada 2-6 Oktober 2018 diselenggarakan kegiatan Survei Simulasi (Sursim) Akreditasi SNARS Edisi 1 di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) dengan mengundang Tim Surveyor dari KARS, yang pada kesempatan ini diketuai oleh dr. Gatot Suharto, M.Kes. (MMR), dan beranggotakan dr. Sulistyowati, MS., M.Pd; dr. Prabani Setiodrestiyono Cornelius, Sp.B-KBD, M.Kes; dr. Dedi Krisnarto, Sp.An; Ibu Lannasari, S.Kp.M.Kep; dan Ibu Lince Gultom, S.Kp. M.Kes.

Kegiatan sursim ini bertujuan untuk menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan dan ketrampilan rumah sakit dalam mengimplementasikan pengelolaan manajemen informasi dan rekam medis berbasis SNARS Edisi 1 dalam mencapai akreditasi yang paripurna. Selama kegiatan sursim ini berlangsung, seluruh civitas hospitalia RSST terlihat antusias dan bersemangat untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi survei akreditasi yang akan diselenggarakan pada akhir tahun 2018 ini.