Pendidikan Kesehatan Sejak Dini di Sekolah

Klaten – Usia anak adalah periode yang sangat menentukan kualitas seorang manusia dewasa nantinya. Anak usia sekolah baik tingkat pra sekolah, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas adalah suatu masa usia anak yang sangat berbeda dengan usia dewasa. Di dalam periode ini didapatkan banyak permasalahan kesehatan yang sangat menentukan kualitas anak di kemudian hari. Masalah kesehatan tersebut meliputi kesehatan umum, gangguan perkembangan, gangguan perilaku dan gangguan belajar. Permasalahan kesehatan tersebut umumnya akan menghambat pencapaian prestasi pada peserta didik di sekolah.

Peranan orang tua dan tenaga pendidik sebagai pendamping pada saat anak melakukan aktifitas kehidupannya setiap hari sangat dominan dan sangat menentukan kualitas hidup anak di kemudian hari. Sehingga sangatlah penting bagi mereka untuk mengetahui dan memahami permasalahan dan gangguan kesehatan pada anak usia sekolah yang cukup luas dan kompleks. Deteksi dini gangguan kesehatan anak usia sekolah dapat mencegah atau mengurangi komplikasi dan permasalahan yang diakibatkan menjadi lebih berat lagi.

 

Sebagai upaya preventif dan promotif, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten melaksanaan kegiatan sosialisasi / edukasi kesehatan, khususnya mengenai pentingnya cuci tangan dan cara merawat serta menjaga kesehatan gigi kepada pelajar di KB Krista Ceria Klaten pada Jumat, 23 November 2018.

Setelah dilaksanakan kegiatan edukasi kesehatan, juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan umum oleh dr. Priyo Eko Hedi Herlambang dan pemeriksaan kesehatan gigi oleh drg. Gagat Indarwati.

Kegiatan diikuti oleh 53 siswa-siswi dan 12 pendamping / petugas pengajar. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan siswa sekolah sekitar RSST khususnya di wilayah Klaten.