Klaten, Selasa 17 Mei 2022 pukul 13.00 WIB, Tim Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) menyelenggarakan siaran kesehatan dengan tema “Yuk Ketahui Pencegahan Penyakit Hipertensi” Narasumber Ibu Sri Suharti, S. Kep. Ns. Acara diselenggarakan di radio sentral RSST.

Tekanan darah adalah tekanan pada dinding pembuluh darah arteri yang mempertahankan darah dapat mengalir ke seluruh tubuh. Tekanan darah dapat naik dan turun setiap saat. Bila tekanan darah tinggi secara terus menerus maka keadaan tersebut yang disebut hipertensi. Hipertensi adalah tekanan darah tinggi diatas 140/90 mmHg.

Gejala pada penderita Hipertensi antara lain sakit kepala, pusing, jantung berdebar- debar, rasa sakit di dada, gelisah, penglihatan kabur, mudah lelah.

Faktor risiko yang tidak dapat diubah pada Hipertensi yaitu umur, jenis kelamin, riwayat keluarga/ genetik. Sedangkan faktor risiko yang dapat diubah yakni kegemukan, merokok, kurang melakukan aktifitas fisik, diet tinggi lemak, mengkonsumsi garam berlebih, konsumsi alkohol berlebihan, psikososial dan stress.

Adapun pencegahan dan pengendalian Hipertensi adalah

-Mengurangi konsumsi garam

-Melakukan aktifitas fisik teratur

-Tidak merokok dan menghindari asap rokok

-Menghindari minum alkohol

-Diet dengan gizi seimbang