Yuk… Cari Tau Starter Pack Saat New Normal Itu Apa Saja?

Tim PKRS RSST – Work From Home (WFH) sudah berakhir, kurang lebih 3 bulan berlalu. Indonesia sudah menjalani new normal, masyarakat kembali menjalankan rutinintas seperti sebelum ada wabah Virus Corona.

Masyarakat mulai diperbolehkan beraktivitas atau melakukan kegiatan seperti biasa sebelum adanya pandemi, seperti pergi bekerja dan kegiatan lainnya meskipun pandemi COVID-19 belum usai.

Tetapi masyarakat dihimbau tetap menjalankan protokol kesehatan pada saat bekerja. Kita harus waspada dan menjaga kesehatan supaya tidak terinfeksi COVID-19 di masa new normal. Sebab tidak semua dunia kerja memberikan pembatasan atau protokol kesehatan terhadap para karyawannya.

New normal diberlakukan pemerintah untuk mendorong roda perekonomian yang mulai lesu di negeri ini. Pemerintah bertujuan untuk menjalankan roda perekonomian seperti biasa di masa new normal. Tetapi pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI, telah membuat peraturan mengenai protokol kesehatan yang harus dilakukan masyarakat yang akan melakukan aktivitas atau berbagai kegiatan di luar rumah seperti bekerja di masa new normal.

Protokol kesehatan merupakan peraturan kesehatan untuk masyarakat yang bekerja di kondisi new normal. Dengan adanya protokol kesehatan diharapkan masyarakat dapat melindungi dirinya agar tidak terpapar COVID-19.

Di bawah ini protokol kesehatan yang harus dilakukan masyarakat yang hendak bekerja dalam masa new normal :

  1. Cek Suhu Tubuh

Hal pertama yang dilakukan saat akan bekerja adalah mengukur suhu tubuh dengan menggunakan thermogun. Kita diwajibkan menerapkan aturan self assessment risiko COVID-19 sebelum bekerja.

  1. Atur Waktu

Dibutuhkan sistem imun yang kuat di masa new normal supaya tidak terpapar Virus Corona. Kerja yang terlalu lelah, bahkan kurang istirahat akibat lembur atau pekerjaan yang menumpuk menyebabkan sistem imun menurun. Oleh karena itu, penting untuk mengatur waktu kerja agar bisa beristirahat dengan baik demi menjaga kekebalan tubuh.

  1. Gunakan Masker

Masker merupakan benda wajib jika akan keluar rumah di masa pandemi. Menggunakan masker mulai dari keluar rumah, selama di tempat kerja, dan selama di perjalanan.

  1. Cukupi Asupan Gizi

Asupan gizi yang baik dapat meningkatkan imun tubuh. Kita harus mengkonsumsi sayur dan buah, terlebih buah banyak mengandung vitamin C.

Selain hal-hal tersebut di atas mengenai protokol kesehatan saat bekerja dalam new normal, kita juga dapat beraktifitas dengan rasa aman, sebaiknya kita mengetahui new normal starter pack kit (hal-hal yang dibutuhkan saat sedang melakukan sesuatu atau untuk memulai sesuatu tersebut, ringkasnya adalah alat-alat atau peralatan yang wajib dibawa saat keluar rumah). Supaya dapat beraktivitas dengan rasa aman, ayo siapkan keperluan apa saja yang wajib ada dan harus kita bawa yaitu :

  1. Masker cadangan
  2. Hand sanitizer
  3. Tisu basah dan kering
  4. Tote bag buat yang suka belanja
  5. Bawa peralatan makan sendiri
  6. Helm pribadi
  7. Suplemen atau multivitamin
  8. Baju lengan panjang
  9. Alat makan pribadi
  10. Alat ibadah pribadi

Itulah hal-hal yang sebaiknya kita lakukan sesuai dengan protokol kesehatan saat bekerja di kondisi new normal. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://kumparan.com/hipontianak/hadapi-new-normal-7-starter-pack-ini-wajib-dibawa-saat-bepergian-1tZW03OW5Ob/full
  2. https://admin.corona.jatengprov.go.id/gallery/90328946.jpeg
  3. https://blog.amartha.com/new-normal-starter-pack-mari-mulai-hari-baru-dengan-semangat-baru/
  4. https://id.quora.com/Apa-padanan-bahasa-Indonesia-untuk-starter-pack