Posted by Sub Bagian Hukormas at Juni 15, 2021 4:02 pm Informasi Rumah Sakit, Seminar/Workshop

Sepsis adalah disfungsi organ yang mengancam kehidupan yang disebabkan oleh disregulasi imun terhadap infeksi. Sepsis dan syok septik masih menjadi masalah kesehatan yang harus diwaspadai dan merupakan salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas (50 – 60%) bayi dan anak yang di ruang rawat inap dan ruang rawat intensif. Beberapa faktor yang berperan terhadap mortalitas sepsis pada bayi dan anak meliputi faktor penjamu, mikroorganisme penyebab, diagnosis dini, serta tata laksana yang diberikan. Untuk itu pemahaman tentang sepsis dan penanganannya sudah menjadi keharusan bagi setiap tenaga kesehatan.
Dalam rangka meningkatkan kualitas serta penyegaran peningkatan pengetahuan tenaga medis dan tenaga kesehatan dalam hal ini manajemen sepsis secara komperensif pada pasien neonatus dan anak, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro mengadakan Webinar Bersama Kita Melawan Sepsis, pada hari Selasa, 15 Juni 2021 . Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Aula Gedung IGD Lama Lantai III RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dan daring di tempat kerja masing – masing dengan peserta sejumlah 98 orang.
Kegiatan dibuka oleh Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Umum ,dr. Obrin Parulian, M.Kes. Dalam sambutannya, beliau berharap, peserta mampu dalam tatalaksana komprehensif sepsis bayi dan anak sehingga dapat menurunkan morbiditas dan mortalitas pasien sepsis bayi dan anak di RSUP dr. Soeradji Tirtonrgoro Klaten.