Klaten – Sejak 2 (dua) bulan terakhir ini, dunia digemparkan dengan mewabahnya Virus Corona. Seperti yang telah diberitakan pada tanggal 31 Desember 2019, WHO China Country Office melaporkan kasus Pneumonia yang tidak diketahui etiologinya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Pada tanggal 7 Januari 2020, China mengidentifikasi kasus Pneumonia tersebut sebagai jenis baru Corona Virus (Novel Corona Virus, 2019-nCoV), kemudian tanggal 11 Februari diumumkan nama resmi baru untuk Virus Corona yaitu Corona Virus Disease (CoVid-19). Penambahan jumlah kasus CoVid-19 berlangsung cukup cepat dan sudah terjadi penyebaran ke luar wilayah Wuhan bahkan negara lain, bahkan di Indonesia.

Sebagai upaya pelaksanaan promosi kesehatan kepada masyarakat umum tentang Virus Corona ini, Humas PKRS RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) kembali mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan pada masyarakat di Desa Barepan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten pada Selasa, 10 Maret pukul 08.30 – 12.00 WIB.

Pembukaan dan sambutan disampaikan oleh Bapak YF. Sri Mulyadi, M.Hum (Sekretaris PWRI Kecamatan Cawas). Dan sebagai narasumber penyuluhan kesehatan yaitu dr. Polikarpus Mosad Maliluan; Fithri Umul Hasanah, A.Md.Gz; dan Margareta Maria Alacoque Niwndyane, A.Md.Gz.

Pada sesi tanya jawab, banyak dari peserta yang mengajukan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan. Antusiasme peserta juga luar biasa terbukti dari banyaknya peserta yang hadir dan aktif tanya jawab / sharing seputar kesehatannya.

Kegiatan ini merupakan kontribusi yang diberikan RSST dalam aspek promotif dan preventif terkait merebaknya Virus Corona ini kepada masyarakat sekitar. Agar masyarakat tidak panik, tetapi tetap waspada.

Karena WASPADA Boleh, PANIK Jangan!