Posted by Sub Bagian Hukormas at Agustus 4, 2021 4:00 pm Informasi Rumah Sakit

Civitas Hospitalia RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten mulai mendapatkan vaksinasi dosis ketiga yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Lt. 2, pada hari Rabu, 4 Agustus 2021 sejak pukul 13.00 WIB. Vaksin dosis ketiga ini diperuntukkan bagi bagi seluruh tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di RSST Klaten, dengan sasaran sejumlah 1.018 orang. Penyelenggaraan vaksinasi ini sendiri akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 4 s.d 6 Agustus 2021.

Ketua Panitia Pelaksanaan Vaksinasi, dr. Lucky Taufika Yuhedi, Sp. Rad Onk menyampaikan bahwa pemberian vaksis dosis ketiga bagi nakes penting untuk dilakukan karena mereka berada di garda depan zona pelayanan Covid-19. Vaksinasi dosis ketiga ini menggunakan vaksin Moderna. Untuk vaksinasi tahap ketiga ini harus sudah melalui vaksin tahap pertama dan kedua.
“Mereka (sasaran vaksin dosis ketiga) jadi prioritas. Sebab mereka sangat berisiko terpapar setelah selama sekian jam bersinggungan dengan pasien Covid-19 baik secara langsung maupun tidak langsung” terangnya.
Vaksin tahap ketiga ini, RSST Klaten mendapatkan 100 vial vaksin Moderna, dimana satu vial vaksin Moderna bisa diberikan kepada 15 orang dengan dilakukan penyuntikan cukup satu kali saja. Dihari pertama pelaksanaan vaksinasi dijadwalkan 350 orang.
Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama RSST Klaten, dr. Endang Widyaswati, M.Kes menyampaikan harapannya, bahwa dengan dilakukan vaksin tahap ketiga, antibodi yang terbentuk di dalam tubuh seluruh civitas hospitalia RSST Klaten semakin meningkat, karena tenaga kesehatan berada dalam zona layanan covid sehingga harus mendapatkan imunitas lebih kuat agar mampu melayani masyarakat.
“Semoga vaksinasi ini dapat meningkatkan imun dan memberikan perlindungan bagi nakes agar nakes, asisten nakes, dan penunjang selalu sehat dan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Semoga pandemic segera berakhir” harap beliau
Selain pelaksanaan vaksinasi ketiga (booster), RSST juga masih melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat umum tanpa syarat domisili, yang juga dijadwalkan mulai 3 – 6 Agustus 2021 bertempat di gedung yang sama. Meskipun bersamaan tanggal pelaksanaan, namun kegiatan vaksinasi tetap bejalan lancar dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.