Posted by Sub Bagian Hukormas at Oktober 1, 2017 10:30 am Informasi Rumah Sakit

pilihan 1 copy

1 Oktober 2017 diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai Hari Kesaktian Pancasila, karena pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif di belakangnya. Akan tetapi otoritas militer dan kelompok keagamaan terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis, untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia, dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965–1966.

  Pada hari itu, enam Jenderal dan 1 Kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila

 

Hari ini, 1 Oktober 2017 Upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila diselenggarakan di alun-alun Kabupaten Klaten yang dipimpin langsung oleh PLT. Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani. Upacara Bendera kali ini diikuti oleh perwakilan dari semua jajaran dinas di pemerintahan kabupaten Klaten, Mahasiswa, Siswa Sekolah, Pegawai BUMN dan juga Swasta di Kabupaten Klaten. RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro juga tidak ketinggalan mengirim 10 personil untuk mengikuti Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Semoga dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, Pancasila kita semakin sakti, kuat, dan Bangsa Indonesia semakin bersatu padu untuk maju dan berkembang bersama.