Tumor otak adalah pertumbuhan jaringan yang disebabkan oleh sel-sel tidak normal pada otak atau di sekitar otak. Akan tetapi, sampai saat ini pun belum diketahui apa penyebab tumor otak secara pasti, tapi beberapa peneliti menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor keturunan dan paparan bahan kimia berbahaya.

Tumor otak tidak selalu mengakibatkan kematian. Namun pada kasus tumor otak jinak, saat mereka tumbuh, mereka dapat menghancurkan dan menekan jaringan otak atau di sekitar otak yang normal lainnya, yang dapat berakibat pada kelumpuhan ataupun fatal.

dr. Andrianto Purnawan, Sp.BS dan dr. Wisnu Baskoro, Sp.BS dari KSM Bedah Syaraf, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) membahas seputar kasus Tumor Otak tersebut pada live talkshow Dokter Menyapa di ADiTV Yogyakarta pada Senin, 21 Januari 2019. Pada segmen tanya jawab, masyarakat dapat aktif mengajukan pertanyaan melalui line telepon ke ADiTV Yogyakarta seputar materi yang telah disampaikan. Ada 5 (lima) penelepon aktif yang menyampaikan permasalahan kesehatannya ke dokter narasumber. Antusiasme masyarakat sangat luar biasa.

Dalam hal ini disampaikan pula bahwa RSST mempunyai pelayanan Poliklinik Bedah Syaraf Otak, Tulang Belakang, dan Syaraf Tepi yang juga melayani pasien PBI, non-PBI, dan umum. Pelayanan Poliklinik buka pada Hari Senin-Kamis Pukul 07.30 s/d 16.00 WIB, Jumat Pukul 07.30 s/d 14.00 WIB.