Tim PKRS RSST – Saat masa pandemi COVID-19 ini masyarakat mematuhi peraturan phsysical distancing untuk mencegah penularan COVID-19 yang sedang mewabah.

Dua kata yang sering kita dengar adalah “jaga jarak” yang mengartikan bahwa tidak lain sampai dengan saat ini belum ada obat penangkal Virus Corona. Maka “jaga jarak” merupakan langkah yang dianggap efektif untuk mencegah penularan COVID-19 di tengah masyarakat. Kata “jaga jarak” diartikan sebagai kehati-hatian terhadap pencegahan penularan COVID-19.

Kita menyebut dua kata “jaga jarak” pengertiannya yaitu mengatur jarak fisik dari orang lain minimal 1,5 meter. Dan kata ini kemudian dikampanyekan dengan tujuan supaya mudah diingat dan dimengerti oleh masyarakat. Dengan demikian diharapkan secara bertahap tapi pasti akan memutus rantai penularan COVID-19.

Cara tersebut dianggap efektif karena penyebaran penyakit yang disebabkan Virus Corona terjadi lewat droplet atau percikan air liur. Sebagai contoh ketika orang batuk atau bersin di tempat umum tanpa menutup mulut dengan lengan maka cairan liurnya bisa jatuh ke berbagai permukaan yang kemudian dipegang oleh orang lain.

Maka pemerintah lewat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 meminta masyarakat untuk melakukan lima langkah sederhana untuk memotong angka penularan :

  1. Yang pertama adalah orang harus menjaga jarak satu dengan lainnya untuk menghindari penularan lewat droplet.
  2. Kedua, jangan melakukan jabat tangan mengingat tangan sering memegang wajah yang memudahkan penularan.
  3. Ketiga, masyarakat diminta untuk menghindari kerumunan orang karena tidak diketahui masing-masing status kesehatan dari orang yang berada di tempat umum.
  4. Keempat adalah bagi yang sakit untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari penularan penyakit ke orang lain.
  5. Kelima dan salah satu yang paling penting adalah menjaga kebersihan diri dan rajin mencuci tangan karena praktik tersebut dapat membantu membunuh kuman yang berada di tangan.

Jika masyarakat dapat melakukan physical distancing dan mengikuti langkah-langkah yang sudah dianjurkan di atas maka akan dapat menekan laju penularan COVID-19 antar manusia. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/07/203500365/new-normal-ini-tips-aman-naik-ojek-online-dan-transportasi-umum
  2. tangerangkota.go.id
  3. https://corona.jatengprov.go.id/
  4. https://www.jawapos.com/opini/05/04/2020/jaga-jarak/
  5. https://sumbar.antaranews.com/berita/339278/ingin-terhindar-dari-covid-19-jaga-jarak-harus-dilakukan-secara-tegas
  6. https://www.inilahkoran.com/berita/46033/sosial-distancing-jaga-jarak-untuk-kontrol-penyebaran-covid-19