Tim PKRS RSST – Sahabat sehat, di pekan ini mari kita simak tips-tips kesehatan terutama teknik relaksasi untuk mengatasi stres bagi yang bekerja di kantor ataupun yang bekerja di rumah.

Relaksasi tidak perlu rumit atau membutuhkan biaya yang mahal. Yang penting tepat sasaran untuk mengatasi stres. Kita dapat melakukan relaksasi di rumah, baik sendiri maupun bersama pasangan ataupun sahabat. Berikut tips relaksasi untuk mengatasi stres :

  1. Latihan pernapasan

Tarik napas dalam-dalam secara perlahan dapat membantu meredakan stres. Mengatur posisi tubuh senyaman mungkin, lalu tarik napas panjang secara perlahan-lahan. Hirup udara dari hidung dan keluarkan lewat mulut. Saat menarik napas kembungkan perut dan kempiskan ketika mengembuskan udara. Pejamkan mata agar fokus. Lakukan sampai merasa tenang. Latihan pernapasan seperti ini dapat membuat kita rileks.

  1. Meditasi

Dapat duduk di lantai dengan kedua kaki terlipat. Pejamkan mata, tenangkan diri hilangkan semua pikiran. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meditasi yang dilakukan secara rutin selama 5 (lima) menit setiap hari, dapat memperbaiki hantaran listrik saraf otak. Efeknya tidak rentan terkena stres dan dapat mengurangi kecemasan.

  1. Mendengarkan musik

Musik sudah dikenal ribuan tahun sebagai salah satu bentuk seni yang memiliki sifat menyembuhkan. Berbagai jenis musik memiliki efek yang berbeda-beda. Pilihlah musik yang menenangkan dan membuat menjadi lebih bersemangat.

Penelitian membuktikan bahwa musik dapat meredakan kecemasan, memperbaiki suasana hati. Kita dapat melakukan kegiatan relaksasi lain sambil mendengarkan musik.

  1. Yoga

Penelitian membuktikan bahwa perpaduan latihan pernapasan dan peregangan otot pada gerakan-gerakan yoga dapat membuat mood lebih baik. Efek lain dari yoga yaitu mengurangi kecemasan, lebih tenang dan bahagia. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. http://p2ptm.kemkes.go.id/
  2. https://www.instagram.com/p2ptmkemenkesri/