Tim Promkes RSST – Pada saat ini musim hujan sudah terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, ancaman bencana alam akibat hujan akan timbul dan juga menyimpan sejumlah ancaman bagi kesehatan, saat musim hujan, genangan air semakin menumpuk sehingga menarik perhatian nyamuk. Selain itu, kuman pun cenderung bertahan lama dan lebih rajin berkembang biak pada kondisi lembap. Tidak heran pada musim ini penyakit, seperti infeksi flu dan kulit, makin merajalela. Belum lagi jika banjir melanda, kondisi ini dapat mengundang berbagai penyakit, antara lain demam tifoid, leptospirosis, kolera, malaria, dan demam berdarah dengue.

Menjaga Kesehatan tubuh pada musim hujan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana berikut beberapa tips agar tubuh tetap sehat dan bugar saat musim hujan :

  • Berolahraga

Tetap berolahraga dan beraktivitas fisik sebagai cara menjaga kesehatan, olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mendukung daya tahan tubuh di musim hujan.

  • Jaga Pola Makan

Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, selain itu makanan yang kaya akan nutrisi dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu menjaga kesehatan tubuh.

  • Rajin Cuci Tangan

Untuk melindungi diri dari serangan kuman adalah dengan menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air karena bakteri dan virus akan lebih terkendali saat musim hujan.

  • Tidur yang Cukup

Tidur berguna untuk memulihkan seluruh sistem anggota tubuh setelah bekerja keras seharian, agar tubuh tetap kebal terhadap virus maupun bakteri.

  • Gunakan Pakaian Hangat

Musim hujan membuat badan mudah kedinginan. Apalagi saat kehujanan di jalan.

  • Kelola Stres dengan baik

Pekerjaan bisa terganggu atau terhambat saat musim hujan datang, hal ini dapat memicu timbulnya stres sehingga perlu kelola stres dengan baik agar daya tahan tubuh meningkat.

  • Tidak Jajan Sembarangan

Agar tetap sehat saat musim hujan sebaiknya hindari membeli makanan sembarangan.

Tubuh  manusia   sangatlah  sensitif  terhadap   perubahan  suhu  terlebih  ketika   pergantian musim dari musim kemarau  ke  musim  penghujan, kondisi   seperti  ini  seringkali  membuat  tubuh manusia  rentan  terserang  berbagai  penyakit, agar  tidak  mudah  terserang  panyakit  saat  musim hujan ditengah pandemi bisa kita terapkan tips-tips di atas, tetap waspada  dan  tetap  melasanakan  protokol kesehatan yang benar. Salam Sehat…

Referensi        :

  1. Sabita Ibtissamah, dkk. Menjaga Kesehatan pada Musim Hujan. Jurnal Kesehatan.
  2. Ipung. dkk. Tips Jaga Kesehatan dimusim Hujan Biar Tidak Gampang Sakit. Jurnal Kesehatan.
  3. www.sehatnegeriku.kemkes.go.id. 4 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan.