Tips Membeli Makanan Siap Saji Lewat Pesan Antar Selama Pandemi COVID-19

Tim Humas RSST – Selama pandemi COVID-19, banyak orang lebih suka memesan makanan dari restoran melalui layanan pesan antar karena lebih praktis. Namun, kita juga perlu berhati-hati. Agar tetap aman dari paparan Virus Corona, ada hal-hal yang perlu kita perhatikan sewaktu membeli makanan menggunakan jasa kurir.

Selama pandemi COVID-19, kita memang disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri di rumah karena lebih terjaga kebersihan dan nutrisinya. Namun, kadang kita mungkin sedang tidak sempat memasak atau bosan dengan makanan di rumah dan ingin menikmati menu makanan di tempat makan favorit.

Karena semua orang dianjurkan untuk tetap di rumah dan beberapa daerah juga sudah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga sebagian besar restoran tidak melayani makan di tempat, banyak orang akhirnya menggunakan layanan pesan antar lewat telepon atau aplikasi untuk membeli makanan. Meski begitu, kita perlu memperhatikan kebersihan makanan yang dipesan dan prosedur pengantarannya, agar jangan sampai terjadi penularan Virus Corona sewaktu kita bertransaksi, menerima dan membuka kemasan makanan, serta mengonsumsi makanan tersebut.

Apakah Virus Corona Menular Melalui Makanan?

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa Virus Corona dapat bertahan di permukaan benda tertentu selama beberapa waktu. Di permukaan tembaga, virus ini mampu bertahan selama 4 jam, sedangkan di permukaan benda yang terbuat dari kardus, Virus Corona dapat bertahan selama 24 jam.

Virus penyebab COVID-19 ini bahkan bisa bertahan hingga 72 jam di permukaan plastik dan stainless steel. Hal ini berarti seseorang bisa saja terinfeksi saat menyentuh benda yang telah terkontaminasi, lalu menyentuh area wajah tanpa mencuci tangan. Meski demikian, risiko penularan infeksi Virus Corona melalui cara ini terbilang lebih kecil. Hingga saat ini, cara penularan Virus Corona yang paling banyak terjadi adalah melalui kontak langsung dengan percikan dahak saat penderita COVID-19 bersin atau batuk.

Selama kita melakukan langkah pencegahan Virus Corona dan selalu menjaga kebersihan, kita tidak perlu takut menyentuh benda-benda yang terbuat dari plastik, kardus, atau tembaga, termasuk kemasan makanan yang dipesan. Selain itu, belum ada bukti bahwa Virus Corona bisa menular melalui makanan. Menurut keterangan yang dirilis oleh WHO, Virus Corona tidak dapat berkembang biak dalam makanan. Untuk dapat bertahan hidup, virus ini membutuhkan inang, yaitu sel hidup manusia atau binatang.

Cara Menjaga Kebersihan Diri Saat Menerima Pesanan dari Kurir

Perlu kita ketahui Meski risiko penularan Virus Corona melalui makanan sangat kecil, kita tetap disarankan untuk memasak sendiri makanan di rumah karena lebih sehat. Hal ini juga penting dilakukan untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

Jika kita ingin memesan makanan dari luar, terapkanlah langkah-langkah berikut untuk meminimalkan risiko terinfeksi Virus Corona :

  1. Bayarlah tanpa uang tunai (cashless).

Usahakan tidak membayar makanan dengan uang tunai atau kartu debit maupun kredit saat kita memesan makanan melalui layanan pesan antar. kita bisa melakukan metode pembayaran dengan dompet digital yang tersedia di aplikasi atau transfer uang secara online ke nomor rekening yang telah ditentukan oleh penjual.

  1. Terapkan physical distancing.

Mintalah kurir untuk meninggalkan makanan yang kita pesan di depan pintu atau menggantungkannya di pagar rumah (contactless delivery). Hal ini dilakukan sebagai bentuk physical distancing dan untuk meminimalkan kontak fisik dengan kurir. Sehingga kita harapkan tidak terjadi kontak langsung dengan kurir dan meminimalisir penularan Virus Corona.

  1. Kenakan masker saat berinteraksi dengan kurir.

Jika kita terpaksa harus berinteraksi dengan kurir atau tidak dapat membayar pesanan dengan dompet digital atau harus membayar pesanan secara langsung dengan uang, maka kenakanlah masker kain saat kita bertransaksi dengan kurir dan segera cuci tangan setelahnya.

  1. Cuci tangan sebelum dan setelah mengambil makanan.

Sebelum mengambil makanan, jangan lupa untuk mencuci tangan kita dengan air mengalir dan sabun selama minimal 20 detik atau menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%. Setelah mengambil makanan, jangan lupa untuk mencuci tangan kembali guna menghilangkan kotoran atau virus yang mungkin masih menempel di tangan.

  1. Buang kemasan makanan.

Setelah makanan kita terima, segera buang plastik yang digunakan untuk membungkus makanan tersebut. Setelah itu, cuci tangan kembali dengan air mengalir dan sabun atau gunakan hand sanitizer.

  1. Pindahkan makanan

Segera pindahkan makanan ke wadah lain sebelum dimakan. Jika memungkinkan, kita bisa memanaskan kembali makanan yang telah dipesan. Hal ini penting dilakukan untuk mematikan Virus Corona yang mungkin menempel di makanan, sekaligus membuat makanan tetap nikmat untuk dimakan.

Jika kita memesan sayuran atau buah-buahan mentah, cucilah dulu dengan air mengalir dan sabun khusus untuk sayur dan buah sebelum dipindahkan ke wadah yang telah disiapkan. Untuk makanan beku atau bahan makanan mentah, seperti daging dan ikan, gunakanlah wadah terpisah untuk menyimpannya di freezer. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mencuci tangan merupakan langkah penting dalam mencegah penularan COVID-19. Oleh karenanya jangan lupa untuk mencuci tangan kita sebelum mempersiapkan dan menyantap makanan.

Tidak hanya restoran, kini sudah banyak pasar tradisional, minimarket, maupun supermarket yang menawarkan layanan pesan antar. Layanan ini membuat kita bisa tetap di rumah untuk memutus rantai penularan Virus Corona. Namun, tetap terapkan cara-cara di atas untuk melindungi diri dari virus ini.

Sehingga apapun pilihan kita, memasak makanan sendiri di rumah ataupun memesan makanan siap saji dari restoran, upayakan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi selama pandemi COVID-19. Nutrisi sangat dibutuhkan untuk memelihara daya tahan tubuh kita agar kuat melawan penyakit. (Dn)

 

 

 

 

 

Referensi :

www.alodokter.com