PKRS RSST – Lansia… Apa sih lansia itu? Lansia merupakan tahap akhir dalam kehidupan manusia. Menua atau menjadi tua adalah suatu keadaan yang terjadi di dalam kehidupan manusia. Menua bukanlah suatu penyakit tetapi merupakan proses yang berangsur- angsur mengakibatkan perubahan yang kumulatif, merupakan proses menurunnya daya tahan tubuh dalam menghadapi rangsangan dari dalam dan luar tubuh yang berakhir dengan kematian (Nugroho, 2008).

Proses menua adalah suatu proses menghilangnya secara perlahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri atau mengganti diri dan mempertahankan struktur serta fungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan dan memperbaiki kerusakan yang diderita.

Kita bisa mengajak anggota keluarga, terutama yang lansia agar tetap aktif dan produktif dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Coba ajak dengan kegiatan berikut :

  1. Berjalan kaki

Kondisi tiap lansia berbeda-beda, bagi lansia yang masih dapat berjalan bisa mengajak mereka (lansia) berjalan kaki. Cukup berjalan-jalan di sekitar rumah. Sehingga tubuh dapat bergerak dan tetap sehat. Kegiatan berjalan kaki bisa membahagiakan karena dapat berjumpa dengan orang-orang, tetangga maupun orang-orang baru.

  1. Olahraga

Kita dapat mengajak kakek atau nenek berolahraga ringan seperti senam (ringan). Olahraga akan membuat tubuh bergerak dan sehat. Kita dapat mengajak senam ringan di sekitar rumah seperti di taman atau halaman rumah.

  1. Melakukan apa yang disukai

Mengajak  orang tua lansia untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai. Seperti menjahit, memasak, membuat kerajinan dan lainnya. Dengan melakukan hobinya, mereka tidak hanya aktif  tetapi juga bahagia karena melakukan apa yang disukai.

  1. Bermain dengan cucu

Orang lanjut usia akan sangat terhibur saat bisa bermain dengan anak kecil, apalagi bila anak kecil tersebut adalah cucu. Dengan bermain bersama anak-anak, maka orang tua dapat aktif bergerak. Selain bikin aktif bergerak, kegiatan tersebut juga dapat membahagiakan mereka.

  1. Berkebun

Bagi lansia ada yang gemar berkebun. Setidaknya berkebun membuat lansia memiliki aktivitas saat berada di rumah seperti menyiram tanaman.

  1. Merawat hewan

Untuk menemani keseharian lansia saat ditinggal bekerja, kita bisa menyediakan hewan peliharaan untuk sahabat bagi lansia (kakek atau nenek) seperti kucing. Hewan peliharaan akan membuat lansia aktif bergerak, seperti ketika mereka memberikan makan atau mengajak jalan-jalan.

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. beritabaik.id
  2. www.sehatnegeriku.kemkes.go.id