Tim Promkes RSST – Berkaitan dengan pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) yang tengah berlangsung saat ini, pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdasarkan PP Nomor 21 Tahun 2020 dan sampai saat ini masa pandemi belum berakhir. Dalam rangka menekan angka penyebaran COVID-19, salah satu realisasi dari kebijakan tersebut adalah diberlakukannya Work from Home (WFH) dan pembelajaran secara online.

Nah, bekerja dari rumah atau WFH / pembelajaran secara online juga memiliki berbagai tantangan, salah satunya mata lelah bagi yang bekerja di depan komputer atau laptop dalam waktu lama, bisa jadi beban berat untuk mata.

Mata merupakan bagian tubuh vital yang menunjang produktivitas kita sehari-hari. Maka perlu dilakukan beberapa kebiasaan agar mata kita tetap sehat. Mulai dari mengatur posisi tubuh ketika duduk di depan laptop atau komputer, perbanyak makanan sehat yang membantu menjaga kesehatan mata, hingga olahraga mata.

Nah, olahraga mata apa yang bisa diterapkan agar senantiasa sehat dan nyaman selama WFH / Pembelajaran Online?

Berkedip

Berkedip bukan sekadar gerakan refleks, melainkan bisa sebagai kesempatan mengurangi ketegangan mata. Sebab, saat lama menatap layar gadget untuk kerja maupun nonton hiburan, kita sering lupa berkedip. Berkedip lebih sering membuat mata kita tetap segar dan fokus dalam melihat jadi lebih baik dan lama.

Fokus dekat dan jauh / jaga jarak

Ada beberapa hal yang menyebabkan mata menjadi cepat lelah, salah satunya adalah kesalahan posisi tubuh saat berhadapan dengan layar monitor. Idealnya, posisi layar komputer yang direkomendasikan adalah 15-20 derajat di bawah mata, yaitu sekitar 10-13 cm yang diukur dari tengah layar dan 50-100 cm dari mata. Selain itu, posisi duduk pun harus diatur senyaman mungkin dengan mengatur tinggi kursi agar kamu bisa menjejakkan kaki di lantai.

Membentuk angka 8 (delapan)

Olahraga mata satu ini bagus untuk kelenturan otot mata. Tataplah dinding kosong, bayangkan angka 8 besar tertulis di sana, dengan jarak 10 kaki dari posisimu duduk, arahkan tatapanmu menelusuri jalur gambar angka 8 ini tanpa menggerakkan kepala. Lakukan gerakan ini selama 30 detik sampai satu menit, lalu ganti arah.

Palming

Palming bermanfaat untuk menenangkan saraf optik yang sering mengalami iritasi. Duduklah di ruangan gelap dengan siku bersandar di atas meja. Rilekskan punggung dan bahu. Lalu gosokkan kedua tangan secara kuat untuk menghangatkannya, letakkan telapak tangan di atas mata. Visualisasikan kegelapan total yang menjadi warna paling menenangkan bagi otak, serta tarik napas dalam-dalam. Proses ini akan membuat mata rileks dan nyaman.

Teknik 20-20-20

Mata tegang menjadi masalah yang kerap dirasakan orang saat terlalu lama menatap layar monitor. Maksudnya ialah setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.

Selain lima saran di atas, tentu kita tidak boleh melupakan yang satu ini. Jangan lupa untuk banyak mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan kandungan vitamin A yang bisa didapat dari wortel, labu, alpukat, tomat, konsumsi vitamin C dari jeruk, strawberry, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3, serta memperbanyak konsumsi kacang-kacangan dan sayuran hijau seperti bayam, sawi, brokoli.

Terutama di masa pandemi ini, banyak mengonsumsi makanan dan makanan bergizi serta multivitamin amat sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah lelah.

“Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk menjalankan aktivitas, terutama di masa pandemi. Jika mata sehat, maka aktivitas lancar dan maksimal…“

Referensi :

  1. https://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id
  2. http://www.cdkjournal.com