Klaten, Selasa 17 Mei 2022, Tim Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dengan tema “Tips Berhenti Merokok”. Acara diselenggarakan di ruang tunggu Instalasi Rawat Jalan Terpadu (IRJT) RSST.

Berhenti merokok memang bukan sesuatu hal yang mudah dilakukan. Tetapi komitmen untuk berhenti merokok dan memiliki tubuh yang lebih sehat akan membantu upaya untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

Tidak hanya berbekal tekad saat melakukan berbagai cara efektif berhenti merokok, namun juga memerlukan bantuan dan dukungan orang terdekat saat hendak menghentikan kebiasaan merokok.

Adapun langkah untuk berhenti merokok yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu membuat daftar alasan berhenti merokok, hindari pemicu kebiasaan merokok, cobalah untuk konseling, cobalah untuk mendisiplinkan diri untuk tidak merokok, melakukan antisipasi gejala putus nikotin, melakukan terapi relaksasi (yoga, jogging, mendengarkan musik klasik, atau menghela nafas panjang).

Antusias peserta sangat baik serta ada umpan balik pertanyaan dari pasien kepada narasumber.