Tim Promkes RSST – Pandemi masih belum selesai nih… Virus Corona mengubah semuanya… Kita juga harus mengubah kebiasaan kita menjadi kebiasaan baru.. Adaptasi kebiasaan baru sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19. Seperti penerapan protokol kesehatan dimanapun kita berada…

Di tengah pandemi seperti ini tentu menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang utama. Agar tubuh tetap sehat, diperlukan asupan gizi yang seimbang. Memastikan ketersediaan bahan makanan di rumah dan pergi berbelanja ke supermarket atau pasar menjadi salah satu aktivitas yang mau tidak mau kita lakukan. Berikut tips belanja di supermarket atau pasar di tengah pandemi COVID-19 dengan aman :

  1. Sebagai tips awal, buatlah rincian jenis-jenis bahan makanan yang diperlukan untuk menunjang pola makan sehat kita setidaknya untuk 1 – 2 minggu ke depan agar tidak ada yang terlewat dan mengharuskan kita bolak-balik keluar berbelanja lagi. Selain itu membuat rincian jenis bahan belanjaan juga mempermudah dan menyingkat waktu kita berada di supermarket atau pasar.
  2. Tetap terapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman dengan pembeli lain.
  3. Perhatikan jam operasional supermarket atau pasar karena selama pandemi COVID-19 sejumlah supermarket atau pasar menyesuaikan jam operasional mereka.
  4. Hindari mengajak anggota keluarga. Demi menjaga keselamatan diri dan keluarga, sebaiknya tidak perlu ramai-ramai ke luar rumah hanya untuk belanja bahan makanan. Apabila kita tidak bisa berbelanja sendiri dan memang membutuhkan bantuan untuk membawa barang belanjaan, cukup didampingi salah satu anggota keluarga yang kondisinya sehat.
  5. Membawa hand sanitizer atau sabun cuci tangan cair. Segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah berbelanja. Jika di tempat belanja tidak ada air, gunakan hand sanitizer. Tetap ingat selalu untuk tidak memegang mata, hidung, dan mulut selama berbelanja.
  6. Membawa kantong belanja. Usahakan tetap membawa kantong belanja sendiri, bila memungkinkan cuci kantong belanja tersebut dengan detergen dan air hangat setelah dipakai.
  7. Hindari menyentuh bahan makanan yang tidak ada di daftar rincian belanja. Sebisa mungkin kurangi kontak dengan berbagai produk makanan yang akan dibeli. Mengecek tingkat kematangan bahan makanan bisa dilihat dari teksturnya untuk produk buah-buahan. Untuk mengecek kesegaran bahan makanan, cobalah andalkan mata untuk melihat warna dan tampilan sayuran maupun daging. Jika memang harus melakukan pengecekan dengan cara memegangnya, cukup sentuh bahan makanan yang masuk dalam daftar belanjaan.
  8. Menjaga kebersihan diri terutama ketika sampai di rumah. Setelah selesai belanja dari luar rumah, hindari melakukan kontak dengan anggota keluarga atau orang yang di rumah, jangan memegang barang-barang maupun duduk, melainkan langsung mandi dan keramas. Letakkan pakaian yang dipakai untuk berbelanja langsung ke keranjang pakaian kotor untuk dicuci. Setelah seluruh badan dan pakaian yang dipakai bersih, barulah berkumpul kembali dengan keluarga di rumah.

Ingat…

Tetap jaga imun tubuh dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan olahraga secara teratur. Bersama-sama cegah penularan COVID-19 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dimanapun… (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. https://covid19.go.id/
  2. kemkes.go.id
  3. https://www.instagram.com/p2ptmkemenkesri/