PKRS RSST – Sahabat sehat masih ingat dengan GERMAS? Ya… GERMAS singkatan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat…

Apa sih pengertian GERMAS?

Adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat.

7 Langkah GERMAS :

Terdapat 7 langkah penting dalam rangka menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Ketujuh langkah tersebut adalah bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang berisiko dialami oleh masyarakat Indonesia. Berikut 7 langkah GERMAS dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat :

  1. Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik adalah salah satu gerakan yang diutamakan guna meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

  1. Makan Buah dan Sayur

Menambah jumlah konsumsi makanan dari buah dan sayur adalah contoh GERMAS yang dapat dilakukan oleh siapapun.

Dengan memahami pentingnya perilaku makan buah dan sayur, diharapkan masyarakat lebih aktif untuk meningkatkan kampanye makan buah dan sayur untuk tingkatkan kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia.

  1. Tidak Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang banyak memberi dampak buruk untuk kesehatan. Berhenti merokok menjadi bagian penting dari gerakan hidup sehat dan akan berdampak tidak pada diri perokok tetapi juga bagi orang-orang di sekitarnya.

  1. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memiliki efek buruk yang serupa dengan merokok baik efek buruk bagi kesehatan hingga efek sosial pada orang-orang di sekitarnya.

  1. Melakukan Cek Kesehatan Berkala

Salah satu bagian dari arti GERMAS sebagai gerakan masyarakat hidup sehat adalah dengan lebih baik dalam mengelola kesehatan. Di antaranya dengan melakukan cek kesehatan secara rutin dan tidak hanya datang ke rumah sakit atau puskesmas ketika sakit saja. Langkah ini memiliki manfaat untuk dapat memudahkan mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini.

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Bagian lain dari GERMAS hidup sehat juga berkaitan dengan meningkatkan kualitas lingkungan salah satunya dengan serius menjaga kebersihan lingkungan, dalam skala kecil seperti tingkat rumah tangga dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah. Langkah lain yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan guna mengurangi risiko kesehatan seperti mencegah perkembangan vektor penyakit yang ada di lingkungan sekitar.

  1. Menggunakan Jamban

Aspek sanitasi menjadi bagian penting dari gerakan masyarakat hidup sehat salah satunya dengan menggunakan jamban sebagai sarana pembuangan kotoran. Aktivitas buang kotoran di luar jamban dapat meningkatkan risiko penularan berbagai jenis penyakit dan menurunkan kualitas lingkungan.

 

Secara umum tujuan germas adalah menjalani hidup yang lebih sehat. Gaya hidup sehat akan memberi banyak manfaat mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang. Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah lingkungan yang bersih dan sehat serta berkurangnya risiko biaya berobat ketika sakit. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. www.promkes.kemkes.go.id
  2. www.p2ptm.kemkes.go.id