Posted by Sub Bagian Hukormas at November 15, 2017 8:48 am Informasi Rumah Sakit

pilihan 1 pilihan 3 pilihan 4

Rabu, 15 November 2017, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) melalui Instalasi Pemasaran dan Humas  menyelenggarakan Temu Media Massa antara RSST  dengan mass media (wartawan). Acara yang digelar di Aula Gedung IGD Lantai 3 RSST tersebut dihadiri oleh Direktur Utama, beberapa pejabat struktural Rumah Sakit, dan wartawan dari berbagai media yang ada. Pertemuan ini diisi dengan pemaparan profil RS oleh Direktur Utama, dr. Alida Lienawati M.Kes (MMR), Pemaparan mengenai pelayanan RSST oleh Kepala Instalasi Rawat Jalan, dr. Suharyanto, MPH, Pemaparan Zona Integritas oleh Ketua Tim Zona Integritas, Bp. Kemaludin, SKM, MPH, dan juga sessi Tanya jawab yang dimoderatori oleh Kepala Instalasi Pemasaran dan Humas, Ibu Yulia Ariningtyas L., SMIP, sebagai bentuk komunikasi Rumah Sakit dengan wartawan. Acara yang kedepannya akan diselenggarakan secara rutin  ini bertujuan untuk menjalin komunikasi yang baik antara RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro  dengan media massa. Acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun RSST Ke 90 Tahun dengan tema “90 Tahun RSST Mengabdi”.

Sesuai visinya saat ini RSST sedang diupayakan untuk menjadi RS rujukan nasional ramah lanjut usia (lansia) pada tahun 2019. Kenapa lansia menjadi penting? Demografi penduduk saat ini sudah berbeda. Dahulu jumlah penduduk usia tua sedikit. Saat ini usia tua menduduki jumlah terbanyak. Jumlah lansia mencapai sekitar 40 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Walaupun fokus lain tidak boleh diabaikan, namun harus ada yang memikirkan lansia. Mereka memiliki kebutuhan khusus. Beberapa komitmen yang dilakukan RSST untuk mencapai visi tersebut adalah menerapkan layanan satu ruang untuk lansia yaitu Poliklinik Geriatri. Dalam ruang tersebut pasien bisa mendaftar secara online. Pendaftaran secara online bisa langsung ke website atau melalui aplikasi pesan Whatsapp ataupun pesan singkat. Saat ini dari rata-rata jumlah pasien sekitar 700-1000 hampir 400 sudah mendaftar secara online.

Pemeriksaan untuk lansia juga terpusat di Poliklinik Geriatri tersebut. Apabila perlu konsultasi dari dokter spesialis, maka dokter yang akan menghampiri. Bukan pasiennya yang kesana-kemari. Begitupun dengan pengambilan resep obat.

Selain pelayanan satu ruang, sedang dipersiapkan pelayanan yang ramah lansia dari bagian sarana prasarana seperti selasar dan atap. Atap dan lantai akan diganti. Akan dipasang juga pegangan tangan di sepanjang selasar dan dinding. Realisasi akan dilakukan pada 2018. Bagi lansia yang sudah tidak sanggup berkunjung ke RS pun tidak luput dari perhatian. Ada program bernama Home Care. Program ini  berisikan tim yang terdiri dari dokter, perawat, orang farmasi dan yang lainnya sesuai kebutuhan pasien.

Selama 90 tahun RSST selalu berupaya menjadi rumah sakit yang melayani masyarakat Klaten dengan pelayanan yang semakin prima dan tentunya sesuai motto Bersih, Aman, Akurat.