IMG_0618 IMG_0629 IMG_0638 IMG_0640 IMG_0652 IMG_0653

Setiap 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia, merupakan momentum yang tepat untuk mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan untuk mencegah penyakit melalui cuci tangan menggunakan sabun. Tahun ini mengangkat tema Our Hands, Our Future – Tangan Kita, Masa Depan Kita.

Tema tersebut diharapkan mampu mengingatkan tentang pentingnya mencuci tangan tidak hanya untuk melindungi kesehatan diri, juga diharapkan masyarakat dapat membangun masa depan bagi diri sendiri, komunitas, dan dunia. Karena mencuci tangan adalah cara yang terjangkau dan efektif melindungi kesehatan pasien dan masyarakat.

Tangan merupakan anggota badan yang banyak digunakan untuk melakuan berbagai macam kegiatan sehari-hari. Tangan yang selalu bersih dan sehat akan mencegah kita dari serangan berbagai penyakit, terutama penyakit menular. Oleh karena itu, cuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan preventif promotif dalam intervensi kesehatan masyarakat yang paling penting untuk dapat dilaksanakan.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas dan sebagai wujud aksi nyata sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan pada masyarakat di Desa Sangkal Putung, Bareng Lor, Kec. Klaten Utara pada Minggu, 15 Oktober 2017. Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Bareng Lor pukul 14.30 – 17.00 WIB dengan narasumber Ibu Yulia Ariningtyas L., SMIP beserta Tim PKRS.

Selain itu juga dipaparkan mengenai deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks, zona integritas di wilayah RSST, pendaftaran SMS/WA/Online serta edukasi terkait kunjungan pasien di RSST.

Acara berjalan lancar dan antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Kedepannya RSST akan terus melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat sekitar Klaten ini dengan harapan mampu meningkatkan derajat kesehatan melalui penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).