Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan salah satu permasalahan kesehatan utama, mengingat PTM masih menjadi penyebab kematian tertinggi dan membutuhkan pembiayaan pengobatan yang mahal. Salah satu PTM yang sangat merugikan individu, keluarga, dan masyarakat adalah penyakit Thalassemia.

Thalassemia dapat dicegah dengan menghindari pernikahan antara 2 (dua) orang pembawa sifat Thalassemia. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Hari Thalassemia dan sebagai salah satu upaya penyadaran dan pemahaman masyarakat tentang Thalassemia, bersama dokter spesialis anak RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST), dr. Hendra Purnasidha B., Sp.A; Tim PKRS Humas menyampaikan materi seputar “Putuskan Mata Rantai Thalassemia Mayor” kepada masyarakat Klaten pada live talkshow kesehatan di Radio Candi Sewu Klaten pada Senin, 17 Juni 2019 pukul 11.00 – 12.00 WIB.

Talkshow kesehatan berlangsung selama 60 menit dengan metode  dialog interaktif. Masyarakat dapat mengajukan pertanyaan seputar penyakit Thalassemia kepada narasumber melalui line telepon, WA maupun SMS ke nomor Radio Candi Sewu Klaten.

Talkshow kesehatan terbagi menjadi 6 (enam) segmen. Dari mulai segmen 3 (tiga) hingga segmen 5 (lima), ada 3 (tiga) sobat pendengar talkshow kesehatan di Radio Candi Sewu Klaten yang mengajukan pertanyaan seputar tema ini.

Di segmen terakhir, dr. Hendra Purnasidha B., Sp.A menyampaikan bahwa untuk memutus rantai Thalassemia dengan memutus rantai ini dengan skrining Thalassemia, misalnya apabila ada yang mengalami Anemia, HB tidak sesuai standar, ada riwayat keluarga yang Thalassemia segera melakukan pemeriksaan dini.