Klaten – Pigmentasi adalah pewarnaan kulit seseorang. Apabila seseorang tersebut sehat, maka warna kulitnya akan tampak normal. Dalam keadaan sakit atau mengalami cedera, kulit seseorang mungkin saja berubah warna, bisa menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi) atau lebih terang (hipopigmentasi). Pigmentasi kulit biasanya bervariasi tergantung ras dan genetik seseorang juga paparan sinar matahari.

Umumnya bercak putih pada kulit membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, karena warna kulit menjadi tidak merata, apalagi jika memiliki kulit yang gelap.

Adanya bercak putih dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain karena panu / pityriasis versicolor / tinea versicolor; vitiligo; pityriasis alba / buras; lepra atau kusta; hipopigmentasi post inflamasi / bercak putih akibat peradangan; dan progressive macular hipomelanosis.

dr. Nur Dwita Larasati, M.Sc, Sp.DV; dokter spesialis kulit dan kelamin di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) menjadi narasumber dalam live talkshow kesehatan di Radio Candi Sewu Klaten pada Rabu, 19 Februari 2020 pukul 10.00 – 11.00 WIB dengan tema “Kelainan Pigmentasi pada Kulit”.

Talkshow kesehatan berlangsung selama 60 menit dengan metode dialog interaktif. Masyarakat dapat mengajukan pertanyaan seputar tema kepada narasumber melalui line telepon, WA maupun SMS ke nomor Radio Candi Sewu Klaten.

Talkshow kesehatan terbagi menjadi 6 (enam) segmen. Dari mulai segmen 3 (tiga) hingga segmen 5 (lima), ada 3 (tiga) sobat pendengar talkshow kesehatan di Radio Candi Sewu Klaten yang mengajukan pertanyaan seputar tema ini.

Dalam talkshow kesehatan ini, dr. Nur Dwita Larasati, M.Sc, Sp.DV juga menyampaikan pesan kesehatan kepada seluruh pendengar tentang beberapa penyebab bercak putih dan tanda gejala yang harus diperhatikan agar upaya pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin.