Posted by Sub Bagian Hukormas at April 30, 2021 3:42 pm Informasi Rumah Sakit

Klaten. Kamis, 22 April 2021 Tim Bedah Ortopedi RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro berhasil melakukan operasi saraf kejepit tulang belakang dengan metode Endoscopy Spine Uniportal untuk yang pertama kali di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro. Operasi ini dilakukan terhadap seorang pasien dengan kasus saraf kejepit di level 4 – 5. Pasien mengeluhkan rasa sering nyeri punggung yang menjalar hingga ke kaki, sering kesemutan.
Ahli bedah ortopedi dari RSST, dr. Prahesta Adi Wibowo, Sp.OT (K) Spine, menjelaskan bahwa Endoscopy Spine Uniportal adalah teknik tindakan operasi spine dengan minimal invasif yang muncul sebagai terobosan mutakhir dalam tindakan dibidang spine. “Dengan incisi kulit atau luka irisan 1 cm, tidak perlu menggunakan implant, dengan cara memasukan kamera endoscopic yang tersambung dengan HD monitor, sehingga bisa dilihat secara 4 dimensi semua aspek spine dan saraf yang terjepit secara jelas.
Operasi ini berhasil dilakukan dengan waktu yg jauh lebih singkat bila dibandingkan dengan metode konvensional, yaitu sekitar 45 menit apabila semuanya berjalan lancar dengan local anestesi. Prosentase keberhasilan operasi ini juga sangat tinggi. yang dilakukan berada pada skala 80-90 persen.
Proses perawatan luka pasca operasi mudah karena luka bekas operasi yang minimal. “Pemulihan sangat singkat, sekitar 5 hari dan tidak memerlukan terapi rehabilitasi medik sehingga pasien diperbolehkan pulang lebih cepat, bahkan tanpa rawat inap”. dr. Prahesta menambahkan.
Alat Endoscopic Spine PLLD merupakan alat baru. Di Jawa Tengah baru RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro yang pertama memiliki alat ini dan melakukan operasi Endoscopy Spine Uniportal.