PKRS RSST – Pembangunan kesehatan sebagai bagian dari upaya membangun manusia seutuhnya antara lain diselenggarakan melalui upaya pencegahan Penyakit Tidak Menular / PTM. Upaya pencegahan PTM ditujukan untuk menurunkan angka prevalensi PTM yang semakin meningkat di Indonesia. Hasil Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi penyakit tidak menular meningkat dari tahun 2013.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktoral Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan mengajak masyarakat untuk dapat menuju masa muda sehat dan hari tua nikmat tanpa Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan perilaku “CERDIK”. “CERDIK” merupakan jargon kesehatan yang setiap hurufnya mewakili C E R D I K yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress. Penerapan “CERDIK” dapat mengurangi faktor risiko dan deteksi dini PTM. Program CERDIK dilaksanakan untuk mencegah kematian akibat penyakit tidak menular dengan cara menekankan pada aspek promotif dan preventif. C E R D I K merupakan perilaku hidup sehat yang mampu menjauhkan dari berbagai penyakit tidak menular (PTM). Apa saja perilaku yang termasuk C E R D I K? Yaitu :

  1. Cek Kesehatan Secara Berkala

Sebaiknya mulailah memonitor tekanan darah, menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, mengukur lingkar perut dan perhatikan denyut nadi. Tidak lupa pula mengecek kadar kolesterol dan gula darah secara teratur.

  1. Enyahkan Asap Rokok

Tidak ada salahnya bila mulai saat ini berhenti merokok demi kehidupan yang lebih baik karena merokok bisa berdampak bagi kesehatan.

  1. Rajin Aktivitas Fisik / Olahraga

Untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit sebaiknya berolahraga secara rutin.

  1. Diet Seimbang

Imbangi aktivitas olahraga dengan melakukan diet sehat dan seimbang yakni mengkonsumsi buah dan sayur 5 porsi per hari. Batasi konsumsi gula tidak lebih dari 4 sendok makan per hari per orang dan garam tidak lebih dari 1 sendok teh per orang per hari. Batasi juga konsumsi lemak atau minyak tidak lebih dari 5 sendok makan per hari per orang.

  1. Istirahat Cukup

Bagi orang dewasa istirahatlah yang cukup dengan tidur selama 7-8 jam sehari.

  1. Kelola Stres

Melakukan relaksasi, berpikiran positif dan bercengkrama dengan orang lain juga menerapkan pola hidup teratur dapat mengurangi stres.

Perilaku CERDIK dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku CERDIK dapat dilakukan mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik seperti menerapkan perilaku CERDIK. Ketika sudah dapat menerapkan perilaku CERDIK untuk diri sendiri maka perlahan sampaikanlah kepada orang lain agar orang lain juga dapat merasakan manfaat menerapkan perilaku CERDIK. Pemerintah akan terus mensosialisasikan perilaku CERDIK kepada masyarakat. Maka dari itu peran serta dan dukungan masyarakat sangat membantu kesuksesan penerapan perilaku CERDIK. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. Pambudi Sakti Risma dan Khotimatul Khusna. 2019. Tingkat Pengetahuan Program CERDIK dan Informasi Obat Pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Purwosari dan Puskesmas Purwodiningratan Surakarta. Prodi Farmasi, Fakultas Sains, Teknologi, dan Kesehatan, Universitas Sahid Surakarta. Journal of Pharmaceutical Science and Medical Research 2 No.2, hal. 67 – 68. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/pharmed
  1. Kementerian Kesehatan RI Poltekkes Mataram Jurusan Keperawatan. 2020. Jurnal Keperawatan Terpadu. Poltekkes Mataram Jurusan Keperawatan. Vol 2 Nomer 1. Hal. 15.
  2. https://promkes.kemkes.go.id/cerdik-rahasia-masa-muda-sehat-dan-masa-tua-nikmat
  3. https://dharmais.co.id/news/225/Cegah-Kanker-dengan-Perilaku-CERDIK
  4. http://jkt.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/home/index