PKRS RSST – Akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan kabar berita bahwa Bupati Sleman terkonfirmasi positif COVID-19. Padahal Bapak Sri Purnomo ini diketahui sudah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 Sinovac tahap pertama.

Apakah kita bisa terkonfirmasi positif COVID-19 padahal kita sudah mendapatkan vaksin?

Di antara kita pasti ada yang bertanya-tanya kenapa orang yang sudah divaksin masih bisa terkonfirmasi positif COVID-19?

Vaksin COVID-19 membutuhkan 2 (dua) kali dosis penyuntikan, dan butuh waktu 1 (satu) bulan untuk menciptakan kekebalan yang efektif bagi tubuh. Suntikan pertama ditujukan memicu respons kekebalan awal, sedangkan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang terbentuk.

Saat seseorang dinyatakan positif setelah vaksinasi, itu artinya saat divaksinasi seseorang tersebut sudah terpapar / terinfeksi COVID-19 dan sedang dalam masa inkubasi.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa vaksin COVID-19 Sinovac telah teruji keamanan, mutu, khasiat dan kehalalannya. Vaksin ini dikembangkan menggunakan metode inactivated vaccine, yang telah terbukti aman, tidak menyebabkan infeksi serius serta hampir tidak mungkin menyebabkan seseorang justru terinfeksi.

Menurut Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), masyarakat perlu memahami bersama bahwa meskipun sudah divaksinasi COVID-19, masih ada risiko terpapar virus COVID-19, namun diharapkan dengan Vaksin Corona yang sudah ada di dalam tubuh dapat mengurangi kemungkinan sakit berat.

Oleh karena itu, dengan adanya kasus ini, proses pemberian vaksinasi tetap dilakukan seperti yang sudah ditargetkan dan penting bagi seluruh masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M dan 3T.

Bersama-sama seluruh masyarakat Indonesia mencapai kekebalan kelompok. Sehingga upaya protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19 harus tetap dijalankan secara bersamaan. (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.
  2. WHO. 2021. Dasar-dasar Keamanan Vaksin.
  3. https://covid19.go.id/