Untitled-1

Pasien Thalassemia adalah pasien yang membutuhkan perawatan paliatif dan membutuhkan penatalaksanaan penuh dari keluarganya. Karena dukungan yang baik kepada pasien dapat mempengaruhi pasien sebagai modalitas pengobatan yang dijalani. Peran petugas kesehatan adalah sebagai pemberi pelayanan kesehatan, edukator, dan konselor dalam memberikan pengaruh terhadap pasien dalam menentukan keputusan untuk penatalaksanaan penyakitnya.

Oleh karena itu dalam rangka memberikan motivasi terhadap anak dengan Thalassemia beserta keluarganya, dilaksanakan kegiatan Temu Komunitas POPTI Cabang Klaten di Car Free Day Kab. Klaten. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu mewarnai gambar, melipat kertas origami, dan ice breaking dengan goyang pinguin.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten,  dr. Eniarti, M.Sc, Sp.KJ, MMR juga turut hadir dalam kegiatan.

Masih dalam rangka memperingati hari kesehatan dunia dan kali ini tema nasionalnya yaitu ”Membangun Keluarga Sehat Bebas dari Depresi”, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten melalui Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Instalasi Pemasaran dan Humas juga membuka stand kesehatan di Masyarakat Car Free Day Kabupaten Klaten ini. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain yaitu pengukuran IMT, cek tekanan darah, cek GDS, cek golongan darah, konsultasi gizi, konsultasi dokter oleh dr. Mega, Sp.KJ, dan motivasi Thalassemia oleh dra. Karni.

Kegiatan di tengah-tengah masyarakat CFD Kab. Klaten ini dilaksanakan pada Hari Minggu, 23 April 2017 pukul 06.00 – 09.00 WIB di depan Kantor Disperindagkop Kab. Klaten.

Antusiasme baik dari komunitas POPTI maupun masyarakat CFD Klaten ini luar biasa. Stand diserbu antrian panjang oleh masyarakat yang ingin ikut bergabung.