Posted by Sub Substansi Hukormas at Januari 19, 2023 3:19 pm Informasi Rumah Sakit

Peran setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) dalam organisasi pemerintah sangatlah penting. ASN merupakan faktor penggerak utama dalam menjalankan organisasi pemerintah. Oleh sebab itu, agar organisasi pemerintah dapat berjalan dengan baik, diperlukan ASN handal dan memiliki kemampuan yang dibutuhkan organisasi. Hal ini sejalan dengan UU Nomor 5 tahun 2014 (UU ASN) tentang Aparatur Sipil Negara sebagaimana tertuang dalam penjelasannya bahwa untuk dapat menjalankan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan tertentu, pegawai ASN harus memiliki profesi dan manajemen ASN yang berdasarkan pada sistem merit atau perbandingan obyektif antara kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang dibutuhkan oleh jabatan dengan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang dimiliki oleh calon dalam rekrutmen, pengangkatan, penempatan, dan promosi pada jabatan yang dilaksanakan secara terbuka dan kompetitif, sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang baik. Hal ini juga sejalan dengan PP Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS Pasal 162 bahwa pengembangan karier, pengembangan kompetensi, pola karier, mutasi, dan promosi merupakan manajemen karier PNS yang harus dilakukan dengan menerapkan prinsip sistem merit.
Pada hari ini Kamis, 19 Januari 2023, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penyusunan IDP (Individual Development Plan) melalui Sistem Aplikasi Pengembangan Kompetensi yang diselenggarakan di gedung pertemuan lantai 2. Kegiatan yang direncanakan diselenggarakan selama 2 hari ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh 19 Instansi yang terdiri dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Jawa Tengah dan DIY, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta, RSUP di Jawa Tengah dan DIY, Balai Loka Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Balai Pelatihan Kesehatan, Poltekes Kemenkes di Jawa Tengah dan DIY, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, dan Balai Litbangkes.
Acara dimulai dengan sambutan direktur utama RSST dr. Endang Widyaswati M. Kes dan dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Pusat Pengembangan Komptensi Aparatur Sipil Negara (P2KASN). Kegiatan sosialisasi penyusunan IDP melalui sistem aplikasi pengembangan kompetensi diisi dengan materi antara lain pedoman penyusunan IDP ASN Kemenkes, dilanjut dengan praktik Penyusunan IDP dalam aplikasi Sibangkom.