Pilihan 1 Pilihan 2   Pilihan 5Pilihan 6

Sampai saat ini sampah masih menjadi permasalahan serius di berbagai kota besar di Indonesia. Peningkatan jumlah penduduk di Indonesia berbanding lurus dengan sampah yang dihasilkan tiap harinya. Menurut Soekidjo Nototmodjo (2003 : 168) sampah erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat, karena dari sampah-sampah tersebut akan hidup berbagai mikroorganisme penyebab penyakit dan juga binatang serangga sebagai pemindah atau penyebar penyakit. Oleh karena itu, sampah harus dikelola dengan baik sampai sekecil mungkin sehingga tidak mengganggu kesehatan masyarakat.

Sebagai salah satu upaya pelaksanaan promosi kesehatan kepada masyarakat sekitar RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) dan sebagai suatu bentuk kepedulian RSST terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), RSST melaksanakan kegiatan edukasi kesehatan pada masyarakat Dukuh Kunden, Gatak, Methuk Kidul, dan Tegalyoso, yang merupakan desa sekitar RSST pada Kamis, 10 Agustus 2017 di Gedung Pertemuan Lantai II IGD RSST dari pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan berupa penyampaian sekilas pelayanan, sosialisasi pengelolaan sampah dari Tim Sanitasi RSST dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kab. Klaten, yang dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Eniarti, M.Sc, Sp.KJ, MMR hadir dan memberikan sambutan dalam kegiatan.

Kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah ini dihadiri oleh kurang lebih 100 orang warga sekitar RSST yang terdiri dari kepala desa, perangkat desa dan perwakilan dari masing-masing dukuh.