Posted by Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran at November 15, 2017 9:01 am Informasi Rumah Sakit

Pilihan 1 - Copy Pilihan 2 - Copy Pilihan 3 - Copy

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya merupakan upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa; untuk itu Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Sebagai wujud nyata aksi Germas dan pelaksanaan promosi kesehatan kepada masyarakat umum, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten melaksanakan Sosialisasi Germas dan Penyuluhan Kesehatan dengan Tema GAKY (Gangguan Akibat Kekurangan Yodium) pada Selasa, 14 November 2017 di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Klaten.

Ada kurang lebih 90 ibu-ibu Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan Se Kabupaten Klaten yang hadir dalam kegiatan.      Sambutan disampaikan oleh Ibu H. Hendarwanto, Wakil Ka. Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan Se Kabupaten Klaten, yang dilanjutkan dengan do’a oleh Ibu H. Wahyuningsih dan sosialisasi oleh Tim RSST.

Materi pertama yang disampaikan yaitu mengenai GAKY oleh dr. Desi Fajar S., Sp.A, Dokter Spesialis Anak RSST. Dilanjutkan penyampaian materi terkait Zona Integritas di Wilayah RSST oleh Ibu Eti Widijawati, SE dari Satuan Pengawas Intern RSST. Selanjutnya disampaikan juga mengenai Germas : Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari oleh Ibu Ririn Yulianti, S.SiT, M.Si dari Instalasi Gizi. Selain itu disampaikan mengenai sekilas pelayanan RSST oleh Ka. Instalasi Pemasaran dan Humas, Ibu Yulia Ariningtyas L., SMIP. Di pertengahan acara seluruh peserta di ajak melakukan senam peregangan dengan instruktur dari Tim PKRS.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, terbukti dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dan diskusi terkait materi yang telah disampaikan.