Pada akhir tahun 2017, Indonesia menghadapi wabah penyakit yang cukup serius, yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Bakteri ini menginfeksi saluran nafas manusia dan dapat menyerang usia anak-anak maupun dewasa. Penyakit ini dikenal dengan nama Difteri. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa.

Kementerian Kesehatan serius menangani KLB Difteri yang ada saat ini. Keseriusan tersebut disambut positif dengan adanya dukungan dari kementerian dan lembaga terkait serta berbagai organisasi keagamaan, ikatan profesi, LSM, swasta dan masyarakat. Kementerian Kesehatan juga mengimbau masyarakat untuk memeriksa status imunisasi putra-putrinya untuk mengetahui apakah status imunisasinya sudah lengkap sesuai jadwal.

Sebagai upaya promotif dan preventif kepada kepada masyarakat umum khususnya di wilayah Klaten, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro melaksanakan kegiatan sosialisasi di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten pada Rabu, 10 Januari 2018 pukul 08.00-08.30 WIB dengan narasumber dr. Hendra Purnasidha Bagaswoto, M.Sc., Sp.A.

Selain itu juga disampaikan mengenai pelayanan RSST oleh Martha Christa Uli Br.H, AMd. Materi yang disampaikan antara lain mengenai jadwal pelayanan di Poliklinik Tumbuh Kembang Anak / Poliklinik Anak.