Posted by Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran at Agustus 6, 2017 3:07 am Informasi Kesehatan

Pilihan 1 - Copy Pilihan 2 - Copy Pilihan 3 - Copy

Sebagai komitmen Indonesia untuk mencapai eliminasi Penyakit Campak dan pengendalian Penyakit Rubella atau kecacatan bawaan akibat Rubella tahun 2020, maka dilakukan upaya atau strategi nasional melalui beberapa kegiatan untuk mewujudkannya.

Rangkaian kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018 ini, antara lain berupa kampanye pemberian imunisasi tambahan Campak dan Rubella dengan sasaran anak usia 9 bulan sampai dengan < 15 tahun diikuti peralihan pemakaian vaksin campak menjadi MR yang termasuk dalam program imunisasi rutin. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah-sekolah (PAUD/TK/SD/SMP/sederajat), Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit, dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan lainnya.

Dalam hal ini RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten juga berupaya melaksanakan kegiatan kampanye dan introduksi Imunisasi MR ini kepada masyarakat umum, khususnya masyarakat sekitar Klaten. Melalui Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSST membuka stand kesehatan di Car Free Day Kab. Klaten bekerja sama dengan PATELKI, Tim Keperawatan, Tim Gizi, dan Dokter Spesialis Anak RSST.

Dalam hal ini, tim Patelki melayani pemeriksaan kadar gula darah sewaktu dan golongan darah, sedangkan Tim Keperawatan melayani cek tekanan darah. Bentuk kegiatan lain yang dilaksanakan antara lain yaitu pengukuran IMT, konsultasi gizi, dan konsultasi bersama dr. Arif Handiarsa, Sp.A., M.Sc.

Stand kesehatan ini dilaksanakan pada Hari Minggu, 6 Agustus 2017 pukul 06.00 – 09.00 WIB di depan Kantor Disperindagkop Kab. Klaten.