CFD 21 Mei 2017 - Copy

Bantuan Hidup Dasar (BHD) adalah tindakan darurat untuk membebaskan jalan napas, membantu pernapasan dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu. BHD bertujuan untuk oksigenasi darurat secara efektif pada organ vital seperti otak dan jantung melalui ventilasi buatan dan sirkulasi buatan sampai paru dan jantung dapat memenuhi kebutuhan oksigen tubuhnya sendiri secara normal.

Tindakan bantuan hidup dasar yang dilakukan oleh orang yang berada di sekitar penderita segera setelah kejadian dapat meningkatkan kelangsungan hidup penderita. Tindakan Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang terlambat dan tidak sesuai dengan prosedur, akan mengakibatkan gagalnya upaya penyelamatan terhadap pasien.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan mengenalkan tindakan pertolongan BHD kepada masyarakat sekitar rumah sakit, Unit PKRS bekerja sama dengan Tim Codeblue RSST melaksanakan kegiatan sosialisasi BHD kepada masyarakat di CFD Kab. Klaten.

Selain Sosialisasi BHD bersama Tim Codeblue, dilaksanakan juga pengukuran tekanan darah terstandarisasi dan konsultasi dokter sebagai screening untuk Hipertensi bersama dr. Muhammad Yulianto SA, Sp.JP dan dr. Hari, Sp.JP. Hal ini dalam rangka memperingati event internasional “May Measurement Month” dan Hari Hipertensi Sedunia yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2017.

Masih di stand kesehatan CFD, RSST juga bekerja sama dengan Patelki dan PMI Kab. Klaten. Dalam hal ini, tim Patelki melayani pemeriksaan kadar gula darah sewaktu dan golongan darah, sedangkan Tim PMI melayani masyarakat yang akan mendonorkan darah. Bentuk kegiatan lain yang dilaksanakan antara lain yaitu pengukuran IMT, konsultasi gizi, dan konsultasi dokter.

Stand kesehatan ini dilaksanakan pada Hari Minggu, 21 Mei 2017 pukul 06.00 – 09.00 WIB di depan Kantor Disperindagkop Kab. Klaten.