Posted by Sub Substansi Hukormas at Februari 8, 2022 8:20 am Informasi Rumah Sakit

Penyebaran varian Omicron (B.1.1.529) kian mengkhawatirkan. Laporan terbaru menyebutkan jumlah kasus COVID-19 secara global telah menyentuh angka 300 juta kasus per 7 Januari 2022. Tren negara yang mencatatkan lonjakan kasus juga kian bertambah. Saat ini sudah lebih dari 110 negara yang mengkonfirmasi temuan Omicron di wilayahnya.

Dalam rangka kewaspadaan terhadap peningkatan kasus COVID-19 serta untuk perlindungan Tenaga Kesehatan, Direktorat Jendral Pelayanan Kementerian Kesehatan RI melalui surat dengan nomor : SR.01.06/III/0560/2022 memerintahkan kepada seluruh Rumah Sakit di Indonesia untuk melakukan skrining dengan pemeriksaan PCR kepada seluruh tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan dan melaporkan hasil ke Kementerian Kesehatan.

Pada hari Senin 7 Februari 2022, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten menyelenggarakan test PCR bagi 783 Tenaga Kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa titik agar tidak terjadi kerumunan.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjamin keamanan dan keselamatan baik tenaga kesehatan maupun pasien-pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.