Siaran Ruang Kesehatan di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten Dengan Tema “Penyakit Osteoarthritis”

Klaten – Seseorang yang bertambah usianya, sangat rentan terkena penyakit. Ini disebabkan karena usia sel dalam tubuh mengalami penuaan sehingga berefek pada kesehatan tubuh yaitu semakin menurunnya daya tahan tubuh. Begitu juga dengan kondisi fisiknya, seringkali mudah lemah. Salah satunya, rentan terkena penyakit peradangan sendi atau Osteoarthritis atau sering dikenal dengan sebutan penyakit OA.

Osteoartrithis (OA) adalah peradangan sendi yang paling sering dialami sebagian orang. Penyakit ini merupakan penyakit sendi degeneratif yang mempengaruhi tulang rawan persendian.

OA terjadi akibat rusaknya tulang rawan yang melindungi dan memberi bantalan bagi sendi. Hal ini menyebabkan tulang cenderung bersentuhan satu sama lain sehingga bergeseran saat bergerak, yang menyebabkan timbulnya sakit dan kaku.

Kerusakan ini membuat OA menjadi salah satu penyakit yang paling sering dialami di dunia yang mengakibatkan  disabilitas / kecacatan. Biasanya terjadi pada tangan, lutut, pinggul.

OA merupakan penyakit sendi yang menduduki ranking pertama penyebab nyeri dan disabilitas (ketidakmapuan) pada umumnya menyerang sendi-sendi penopang berat badan terutama sendi lutut.

Sekilas informasi tentang penyakit OA di atas disampaikan oleh Ibu Rita Suryandari selaku primary nurse yang bertugas di Ruang Melati 3 (tiga) RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro dalam siaran ruang kesehatan di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten, pada hari Rabu, 23 Oktober 2019. Selain disampaikan informasi tersebut, juga disampaikan tentang gejala, penyebab, hal yang meringankan gejala OA, upaya pencegahan, serta pengobatan OA.

Selain membahas OA, siaran radio yang berdurasi 30 menit ini juga menyampaikan informasi terkait Perawatan Neonatology di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro yang merupakan bagian dari Instalasi Kesehatan Anak yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi semua bayi baru lahir sampai usia koreksi 0 – 28 hari. Ruang Neonatology ini sangat mendukung pemberian ASI Eksklusif pada semua bayi yang dirawat, dengan cara pemberian edukasi pentingnya ASI eksklusif dan menyediakan ruang khusus laktasi.

Selain itu disampaikan informasi produk layanan unggulan serta fasilitas layanan yang ada dalam ruang Neonatology tersebut.

Perawatan Neonatology di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro merupakan rujukan PONEK 24 jam. Seluruh informasi tersebut disampaikan oleh Martha Christa Uli Br. H., AMd dari Instalasi Pemasaran dan Humas.