Siaran Ruang Kesehatan di Radio RSPD Klaten Dengan Tema “Gizi dan Generasi Milenial”

Klaten – Tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Pada peringatan tahun ini tema yang diusung adalah “Gizi dan Generasi Milenial”. Pada era ini sering kita mendengar kata “Generasi Milenial”. Generasi Milenial disini diartikan sebagai generasi yang lahir antara tahun 1980 hingga tahun 2000. Kemajuan zaman dan teknologi informasi membuat generasi ini akrab dengan semua hal yang berbau cepat dan praktis, termasuk dalam hal makanan. Pasalnya, generasi milenial sekarang bukan hanya menjadikan kegiatan makan sebagai salah satu kebutuhan pokok, melainkan juga sebagai kegiatan untuk mencari pengalaman baru. Nah, ingin tahu seperti apa pola makan dari generasi milenial? Berikut ini fakta-faktanya :

    Paling sering makan makanan restoran.

    Gemar minum-minuman instan, botol, tetrapack, maupun softdrink.

    Mengganti makan berat dengan ngemil.

    Hobi mencari makanan yang unik, enak, bahkan kalau bisa organik.

    Sering melakukan diet yang salah.

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Dengan asupan makanan, manusia dapat menghasilkan energi untuk beraktifitas sehari-hari. Namun pada era milenial saat ini, masyarakat dominan  memilih makanan cepat saji (fast food). Makanan cepat saji (fast food) ini menjadi sangat konsumerisme, mengapa? karena makanan tersebut sangatlah praktis dalam penyajian dan enak rasanya walaupun minim gizi.

Makanan siap saji tergolong makanan yang sangat digemari oleh masyarakat terutama kalangan remaja. Yang tergolong makanan siap saji, antara lain : hamburger, pizza, ayam goreng (seperti golongan fried chicken), spagheti, nugget, kentang goreng, dan lain lain. Remaja merupakan golongan paling mudah terkena pengaruh dari luar. Makanan cepat saji cenderung lebih mengutamakan cita rasa enak dibanding kandungan gizi yang baik dan seimbang. Maka dari itu, makanan cepat saji lebih banyak peminat dari kalangan remaja terutama yang masih bersekolah. Alasannya hanyalah cita rasa yang nikmat dilidah. Semua informasi di atas sebagai opening dari penyuluhan kesehatan di radio daerah RSPD Kabupaten Klaten, yang disampaikan oleh Her Kurniawati, A.Md.Gz yang bertugas di Instalasi Gizi RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST). Pada kesempatan baik ini, ahli gizi dari RSST tersebut juga menyampaikan faktor yang berpengaruh terhadap konsumsi makanan cepat saji beserta dampaknya. Selain itu disampaikan juga bahwa generasi milenial seringkali melakukan diet namun belum tentu diet yang dilakukan itu benar.

Pada kesempatan ini, disampaikan juga informasi pelayanan terkait perubahan nomor pendaftaran pasien dengan aplikasi Whatsapp. Yaitu yang semula 085799501975 menjadi 0816691927. Empat angka dibelakang pada nomor baru memberi arti pada tahun lahirnya RSST yaitu tahun 1927. Pendengar RSPD juga diajak untuk mem-follow serta selalu mengikuti kegiatan dan informasi terkini RSST melalui media sosial yang dimiliki mulai dari Facebook, Instagram, Youtube, dan Website.

Semua informasi yang berkaitan dengan pelayanan tersebut disampaikan oleh Wiji Pamungkas, A. Md dari Instalasi Pemasaran dan Humas.