Sahabat sehat sering mendengar kata serat? Apa sih serat itu? Mari kita simak penjelasannya. Serat terbagi atas dua jenis, yakni serat yang larut dalam air dan serat yang tidak dapat larut dalam air. Serat yang larut dalam air akan menciptakan gel yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Sementara itu serat yang tidak larut dapat menarik air ke dalam feses dan membuatnya lebih lunak serta lebih mudah untuk melewati saluran pencernaan.

Serat adalah salah satu sumber nutrisi penting dari makanan sebab ada beberapa manfaat serat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat serat yang diperlukan oleh tubuh, yaitu melancarkan pergerakan usus, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, memelihara kesehatan usus, membantu menurunkan berat badan. Sebaliknya bila tubuh tidak mendapat asupan serat cukup akan terjadi masalah kesehatan antara lain sembelit, mudah lapar, berat badan naik, gangguan sistem pencernaan, diabetes, penyakit jantung, kanker, perut kembung dan kurang berenergi.

Berikut adalah bahan makanan sumber serat yaitu :

  1. Kelompok buah-buahan kaya serat antara lain : alpukat, apel, pir, kelompok buah beri, dan  pisang.
  2. Kelompok sayur-sayuran kaya serat antara lain : brokoli, wortel, daun kale, dan bayam.
  3. Kelompok kacang-kacangan tinggi serat antara lain : kacang merah dan almond.
  4. Makanan pokok tinggi serat, tentunya makanan pokok yang merupakan sumber utama karbohidrat pasti memiliki kandungan serat di dalamnya. Sebab sebenarnya serat adalah salah satu jenis karbohidrat. Berikut adalah jenis makanan pokok yang kaya serat antara lain : oat dan beras merah.

Untuk meningkatkan pengetahuan tentang manfaat serat bagi tubuh maka Tim PKRS bersama dengan Bapak Marjudi, AMd. Gz melakukan kegiatan siaran kesehatan di radio sentral RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro. Diharapkan dengan informasi kesehatan tersebut bermanfaat untuk pasien dan pengunjung pasien RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro.