Seputar Pelayanan Urologi

dr. Fenditya Agung Nugroho, Sp.U – Apa yang dimaksud dengan Pelayanan Urologi?

Lebih mudahnya, Urologi menangani saluran kemih, baik pada pria maupun wanita, serta saluran kelamin pria. Saluran kemih mulai dari ginjal, ginjal akan mengalirkan air melalui ureter sampai di kandung kemih. Fungsi dari kandung kemih yaitu menampung urine yang dihasilkan oleh ginjal dan kemudian memompa. Perbedaan antara pria dan wanita terletak pada organ di bawah kandung kemih.

Di bawah kandung kemih pria adalah prostat. Sementara pada wanita di bawah kandung kemih adalah saluran kemih yang pendek. Kemudian perbedaan pada saluran kelamin untuk proses kesuburan, pada wanita ditangani oleh dokter kandungan, sedangkan pada pria oleh dokter urologi.

Untuk penyakitnya dapat diderita dari rentang usia berapa?

Organ tersebut dapat mulai bermasalah sejak lahir, bahkan pada saat ini, penyakit tersebut dapat didiagnosa sejak dalam kandungan dengan monitor USG. Misal terdapat gangguan pada ginjal, kita dapat mengetahui ada kelainan pada ginjalnya bahkan pengobatan yang lebih baik intrauterin sudah dapat dilakukan.

Bagaimana penanganan pada masa dewasa dan usia lanjut?

Pada saat aktif bekerja dimana kita sering terpapar dengan lingkungan, dapat menjadi salah satu penyebab adanya batu saluran kemih.

Batu ginjal banyak terjadi pada pria maupun wanita, sebenarnya apakah penyebab batu ginjal ?

Batu ginjal bisa didapati ada pada organ Urologi, seperti pada ginjal, ureter, dan kandung kemih. Dapat terjadi karena penderita urinenya pekat. Dan urine pekat ada 2 (dua) sebab, yaitu dehidrasi karena kekurangan minum dan karena konsumsi bahan makanan pembentuk batu berlebihan.

Berarti bisa dari minuman, bisa dari makanan?

Bisa dari kedua faktor tersebut atau juga bisa jadi terdapat masalah di metabolisme tubuhnya. Setiap orang mempunyai zat penghambat pertumbuhan batu dalam tubuhnya. Terdapat orang yang kurang zat penghambatnya, jadi walaupun sudah diatur pola makan dan minumnya, tetap saja bisa tumbuh batu.

Batu ginjal banyak terjadi pada pasien pria atau wanita?

Pembentukkan batu ginjal lebih sering terjadi karena urinenya pekat, dan kita tahu bahwa pria lebih banyak bekerja di luar ruangan, jadi lebih sering terpapar dengan kurang minum dan faktor-faktor kepekatan urine dengan perbandingan 3 : 1.

Gejala yang paling mudah dilihat dari seseorang dengan batu ginjal?

Bisa jadi tanpa gejala, bisa tanpa keluhan, bisa dengan gejala pegal-pegal karena sibuk bekerja, bisa jadi sampai guling-guling karena kesakitan. Ibaratkan saluran ginjal seperti tangan, pada saat batunya di kelingking tangan, dia bisa tidak merasakan apa-apa, namun pada saat menjadi lebih besar dan menutup saluran akibatnya dapat pegel-pegel. Dan apabila batunya turun sampai ke saluran kemih dapat membuat kesakitan.

Jika ada orang terdekat kita mengalami gejala tersebut, apa yang harus kita lakukan?

Pertama harus segera bawa ke UGD, yang dilakukan pertama kali adalah meredakan sakitnya. Biasanya dilakukan pemeriksaan urine, diperiksa darah, kemudian diberikan obat anti nyeri.

Dengan kondisi batunya masih kecil sekali? Apa yang menyebabkan nyeri?

Yang menyebabkan orang kesakitan itu adalah batu kecil yang turun karena menyumbat. Biasanya membuat penderita mual-mual.

Bagaimana penanganan lebih lanjut?

Harus dipastikan ukuran dan letak batunya karena pengobatannya bisa dilakukan hanya dengan pemberian obat apabila batunya kecil. Apabila berukuran lebih besar bisa dilakukan pengobatan dengan minimal infasif misal ESWL, yang orang sering menyebut laser, padahal itu adalah gelombang kejut.

Untuk ukuran yang lebih besar dari 2 cm di ginjal kita lakukan PCNL,  dengan pembedahan.

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) mempunyai 3 (tiga) dokter ahli Urologi yang bekerja secara tim, dengan metode penanganan batu  yang sifatnya konvensional hingga terbaru sudah ada di RSST.

Kasus seperti apa yang paling banyak ditangani di RSST?

Seperti yang diungkapkan tadi bahwa penderita batu ginjal di Indonesia sangat banyak, maka kasus yang diterima paling banyak yaitu batu ginjal.

Metodenya apa saja?

Mayoritas pasien yang datang ke Poliklinik Urologi berpikir bahwa akan dilakukan upaya pembedahan, padahal jika ukuran batu <5 mm hanya diberikan obat dan batunya akan keluar dengan sendirinya. Tiga (3) pertimbangkan penanganan batu antara lain yaitu ukuran, letak, dan fungsi ginjalnya sehingga dapat dipilih terapi yang paling baik.

Tips untuk mencegah penyakit batu ginjal?

Minum harus cukup, yang dimaksud cukup urinenya harus 2 liter, jadi cara mengukurnya apabila warnanya putih tidak berubah berarti minumnya cukup, tetapi apabila berubah keruh berarti minumnya kurang. Lalu beraktifitas yang cukup, karena jika batu itu masih kecil saat beraktifitas batunya akan turun dengan sendirinya.

Untuk karyawan yang banyak duduk di ruangan ber-AC bagaimana?

Bahayanya ruangan ber-ac karena kita tidak merasa lelah dan  haus. Namun sebenarnya kering, jadi penguapannya tinggi. Sehingga sekarang banyak pekerja di ruangan dan pada saat hari liburnya tidak berolahraga juga dapat menyebabkan timbulnya batu.