Rumah sakit merupakan salah satu organisasi yang tidak lepas dari tuntutan perubahan. Rumah sakit memiliki visi/ misi yang ingin dicapai untuk periode waktu tertentu dengan menyelaraskannya dengan regulasi yang ditetapkan. Rumah Sakit Umum Pusat dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) merupakan UPT yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, merupakan rumah sakit kelas A dan ditetapkan sebagai Rumah Sakit Pendidikan bagi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Berdasarkan Rencana Strategi Bisnis tahun 2020-2024, RSST memiliki visi “Unggul dalam Pelayanan Publik” dengan misi: meningkatkan pelayanan kesehatan yang bercirikan smart and inteligent hospital yang mengedepankan mutu dan keselamatan pasien; meningkatkan pendidikan kedokteran, keperawatan, dan tenaga kesehatan lain serta penelitian translasional; meningkatkan kepuasan pelayanan publik melalui  zona integritas; meningkatkan status kesehatan masyarakat melalui Academic Health System (AHS) Universitas Gajah Mada (UGM).

Pembangunan organizational culture, perlu menerapkan pendekatan pada 6 (enam) area budaya organisasi, yaitu: dominant characteristics, organizational leadership, management of employees, organizational glue, strategic emphases, criteria of success.  Untuk itu diperlukan kegiatan peningkatan kompetensi bagi karyawan rumah sakit tentang Budaya Organisasi.

Seminar Budaya Organisasi dilaksanakan pada tanggal kamis, 23 September 2021 melalui blended learning. Kegiatan seminar dibuka oleh dr. Obrin Parulian, M.Kes selaku Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Umum, dengan narasumber Adj. Prof. Hananiel Prakasya Widjaya, M. M, CIA dari Rumah Sakit National Hospital Surabaya.  Tujuan dari kegiatan ini diharapkan peserta mengetahui dalam penerapan Desain Organizational Culture sebagai Strategi Optimalisasi Kinerja RSUP dr.Soeradji Tirtonegoro Klaten agar terbentuk budaya organisasi yang dapat diterapkan di rumah sakit dan tentunya sesuai dengan kondisi dan harapan yang dapat dicapai oleh Rumah sakit untuk mendukung kemajuan dan peningkatan kualitas serta kinerja Rumah Sakit.