Selalu WASPADA dan Tidak Perlu PANIK

Tim PKRS RSST – COVID-19 masih menjadi trending topic. Wabah Virus Corona telah menjangkau 70 negara, salah satunya Indonesia. Pasien yang dinyatakan positif Corona di Indonesia pun juga semakin bertambah. Per Senin (16/3/2020) jumlah pasien positif menjadi 134 orang. Artinya ada peningkatan 17 kasus dibandingkan Minggu (15/3/2020) yang berjumlah 117 kasus positif. Tetapi seluruh warga tetap dihimbau untuk TIDAK PANIK, akan tetapi TETAP WASPADA.

Virus Corona adalah sejenis virus yang bentuknya seperti mahkota yang dapat menginfeksi hewan dan manusia serta menyebabkan sakit saluran pernapasan. Virus ini ditularkan dari hewan ke manusia, kemudian terjadi penularan antarmanusia melalui percikan ludah, ingus saat seseorang batuk / bersin, bisa juga melalui perantara seperti gagang pintu atau pegangan tangga atau benda yang terkontaminasi.

Pemerintah Indonesia pun juga sudah melakukan beberapa upaya preventif, antara lain seperti : di bandara dan pelabuhan telah dipasang thermal scanner dan menyiapkan lebih dari 132 rumah sakit sesuai standar pelayanan.

Gejala seseorang yang terinfeksi Corona Virus antara lain :

  1. Demam
  2. Batuk
  3. Sesak napas
  4. Pada kasus yang lebih parah, penderita mengalami infeksi paru-paru dan sulit bernapas.
  5. Dan yang lebih ekstrim menyebabkan kematian terutama pada pasien lansia dengan komplikasi penyakit lain.

Bagaimana Menghindari Tertular Virus Corona :

  1. Rajin mencuci tangan setidaknya 20 detik dengan air mengalir dan sabun atau dengan cairan pencuci tangan (hand sanitizer).
  2. Menghindari menyentuh muka.
  3. Jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang yang batuk, bersin, dan demam.
  4. Tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau siku saat batuk atau bersin.
  5. Menjaga imun tubuh dengan PHBS : (makanan bergizi seimbang, olahraga, dan lain sebagainya).
  6. Mengurangi aktivitas di keramaian kecuali memang sangat diperlukan.

Kenapa tindakannya justru diarahkan ke setiap individu, hal ini untuk menghambat laju penyebaran Virus Corona secara umum ke orang-orang di sekitar. Dengan menghambat laju penyebaran tersebut, kita membantu petugas kesehatan di rumah sakit. Sehingga pelayanan yang dilakukan di rumah sakit lebih optimal, terutama bagi yang membutuhkan bantuan medis.

Terus kita harus membeli sabun banyak dong?

Tidak perlu memborong barang belanjaan berlebihan, kasihan yang lebih butuh. Orang lain pun juga butuh. Khawatir itu wajar. Tapi khawatir itu jangan sampai menghilangkan rasa kemanusiaan kita. Mari bersama lawan Corona!

Apakah Masker Dapat Mencegah Virus Corona?

Mencuci tangan jauh lebih penting dan lebih dianjurkan. Masker dianjurkan bagi yang sedang batuk atau bersin justru untuk melindungi orang lain.

Apakah Ada Obat-obatan yang Dapat Menyembuhkan COVID-19?

Untuk obat dan vaksin belum ditemukan. Oleh karena itu, hingga saat ini, pengobatan yang dilakukan untuk pasien positif Virus Corona melalui pengobatan secara umum. Dan yang terbaik dilakukan pada saat sekarang adalah upaya preventif dengan mempraktikkan perilaku kebersihan dasar. (Hn)

 

 

 

Referensi :

  1. cnbcindonesia.com
  2. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/17/070000465/update-virus-corona-di-indonesia-16-maret–134-terinfeksi-8-sembuh-5
  3. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/14/064700965/belum-ada-obatnya-apa-kunci-kesembuhan-pasien-positif-virus-corona-