dr. Bayu Suhartadi, Sp.BP-RE – Penampilan fisik selalu menjadi perhatian oleh setiap orang terutama oleh kaum hawa, mereka selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan tampilan fisik yang sempurna, karena dengan memiliki tampilan fisik yang sempurna tentunya akan menambah tingkat kepercayaan diri setiap orang. Perkembangan zaman yang semakin modern ini sangat memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan tampilan fisik yang mereka inginkan secara mudah dan cepat melalui bedah plastik. Menjaga penampilan melalui bedah plastik yang sesuai dengan prosedur akan mendapatkan penampilan fisik yang diinginkan.

Banyak wanita-wanita di kota besar yang sudah terbiasa melakukan operasi bedah plastik, mereka memandang operasi bedah plastik bukan hal yang tabu lagi karena sekarang ini masyarakat menyadari pentingnya penampilan fisik dan bedah plastik menjadi solusi instan untuk menunjang penampilan mereka. Ruang lingkup bedah plastik tidak hanya mengenai kecantikan saja, namun termasuk dalam microsurgery atau menyambung pembuluh darah, penanganan luka bakar, perawatan bekas luka, kelainan cacat bawaan lahir, bedah tangan, dan bedah craniofacial akibat trauma pada wajah.

Tujuan dari operasi bedah plastik dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan pembedahan untuk rekonstruksi dan pembedahan untuk estetik. Bedah rekonstruksi adalah tindakan untuk mengembalikan fungsi semula dari bagian tubuh tertentu, pada umumnya dilakukan untuk memperbaiki cacat pada tubuh yang disebabkan oleh penyakit atau trauma. Contoh bedah rekonstruksi yang paling sering dilakukan yaitu :

  1. Perbaikan bibir sumbing dan celah-celah pada langit-langit mulut. Tindakan ini dilakukan pada pasien anak yang sejak lahir sudah memiliki bibir sumbing dan kelainan pada langit-langit mulut.
  2. Penanganan bekas luka bakar, digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit setelah terkena luka bakar.
  3. Pemindahan jaringan atau transplantasi jaringan flap yaitu mengembalikan penampilan dari bagian tubuh kembali seperti semula dengan mencangkok jaringan kulit beserta jaringan lunak dibawahnya yang diangkat dari tempat asalnya, tetapi memiliki hubungan vaskularisasi dengan tempat asal. Pemindahan jaringan dilakukan dengan mengambil jaringan tubuh seperti kulit, lemak, otot, saraf, dan tulang dari satu bagian tubuh, seperti kulit, lemak, otot, saraf, dan tulang dari satu bagian tubuh dan memindahkannya ke bagian tubuh yang diinginkan.
  4. Pengangkatan kanker kulit, merupakan tindakan bedah yang dilakukan untuk mengobati kanker kulit yang meliputi pengangkatan pertumbuhan kulit yang abnormal kembali terlihat normal.

Bedah esetetik adalah untuk mereka yang ingin memperindah bagian tubuh mereka supaya lebih sempurna lagi. . Bedah plastik estetik ini bertujuan untuk orang yang ingin menambah nilai estetika dan kecantikan pada tubuhnya. Contoh bedah estetik yaitu :

  1. Rhinoplasty adalah pasien yang ingin mengubah bentuk hidung agar menjadi lebih mancung, dan juga dapat memperbaiki septum deviasi pasien sehingga bisa melancarkan aliran oksigen lebih baik lagi, membantu pernafasan lebih mudah sekaligus bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, biasanya sangat baik dilakukan untuk mengatasi masalah mendengkur ketika sedang tidur.
  2. Blepharoplasty untuk memperbaiki kantung mata atau membentuk kelopak mata.
  3. Operasi rahang atau V-Line Jaw Reduction, yaitu membuat rahang menjadi ramping layaknya bentuk huruf V.
  4. Implan dagu atau genioplasty, dilakukan untuk membuat dagu menjadi lebih lancip menggunakan silikon.
  5. Implan pipi atau cheek augmentation, operasi ini bertujuan untuk menanam implan di sekitar pipi sehingga pipi terlihat lebih menonjol.
  6. Operasi sedot lemak, operasi ini selain menunjang penampilan juga bermanfaat bagi kesehatan yaitu dengan menurunkan berat badan berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi serta kadar kolesterol dan juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, sebab penderita tidak lagi bergantung dengan insulin.
  7. Operasi facelift untuk mengurangi kerutan pada wajah sehingga terlihat lebih muda.
  8. Operasi implan payudara untuk menambah volume payudara atau bisa juga untuk mengurangi ukuran payudara, biasanya orang yang memiliki ukuran payudara terlalu besar sering mengeluhkan tentang nyeri punggung, maka dari itu membutuhkan operasi bedah plastik untuk mengurangi ukuran payudara sehingga bisa mengatasi gangguan kesehatan sekaligus penampilan.

Bedah plastik selain memiliki manfaat dalam kecantikan, ternyata juga memiliki manfaat dalam meningkatkan hidup sehat. Seperti setelah menjalani operasi sedot lemak dan mendapatkan tubuh yang ideal tentunya akan membuat orang lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan dan memotivasi untuk selalu hidup sehat,serta memiliki semangat untuk terus memperbaiki kualitas hidupnya. Manfaat lainnya adalah dapat menunjang karir karena memiliki penampilan yang lebih baik dari sebelumnya dan meningkatkan kepercayaan diri.

Baik bedah plastik rekonstruksi maupun estetik, tentunya memiliki efek negatif yang mungkin terjadi. Keluhan yang paling umum terjadi adalah sakit kepala, mual, muntah, dan sakit berkepanjangan yang dialami beberapa orang setelah prosedur operasi, dampak lainnya adalah kecanduan. Orang yang telah melakukan operasi bedah plastik cenderung akan melakukannya lagi untuk memperbaiki bagian tubuh yang lain, karena secara langsung mereka sudah memiliki mindset beauty is pain, kebanyakan pasien yang sudah terbiasa melakukan bedah plastik memiliki persepsi yang menyimpang dan aneh tentang tubuh mereka sehingga mereka tidak dapat puas dengan penampilan apapun atau disebut juga dengan body dismorphic disorder.

Operasi bedah plastik memiliki risiko saat terjadinya pembedahan diantaranya infeksi dan alergi yang umumnya terkait dengan jenis obat operasi apapun, selain itu reaksi obat, perdarahan yang berlebihan, penolakan implant, pigmentasi, pembekuan darah, nekrosis kulit, dan jaringan parut dan kerusakan saraf pada area tertentu. Hal terpenting yang harus dipikirkan dalam melakukan operasi plastik adalah mengenai biaya, dimana biaya melakukan operasi bedah plastik tidaklah murah, mengingat hasilnya yang instan tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit, selain biaya ketika melakukan pembedahan, kita juga harus menyiapkan biaya tak terduga yang dapat timbul dari komplikasi pasca operasi dan biaya yang harus dikeluarkan jika harus tetap tinggal di rumah sakit untuk prosedur pasca operasi, serta biaya obat pasca operasi yang tidak dapat dihindari. Tak hanya itu, operasi bedah plastik secara umum juga dapat menimbulkan efek ketidakpuasan pasien dengan hasil operasi.

Sebelum melakukan operasi bedah plastik ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, di antaranya pasien harus diberi penjelasan mengenai apa yang terjadi sebelum, selama, dan setelah operasi. Hasil yang dijanjikan ke pasien juga tidak boleh terlalu sempurna, harus realistis. Operasi bedah plastik dapat dilakukan setelah terjadi kesepakatan antara dokter bedah plastik dengan pasien, mungkin suatu prosedur dapat dilakukan dalam beberapa tahapan. Hal tersebut penting untuk dijelaskan kepada pasien agar mengerti bahwa operasi bedah plastik tidak bisa sekali jadi. Hal yang sangat penting adalah memilih tempat operasi yang benar-benar memiliki dokter spesialis bedah plastik yang sudah berkompeten untuk mengurangi risiko terjadinya komplikasi dari suatu prosedur pembedahan.