Klaten – Penampilan fisik selalu menjadi perhatian oleh setiap orang terutama oleh kaum hawa, mereka selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan tampilan fisik yang sempurna, karena dengan memiliki tampilan fisik yang sempurna tentunya akan menambah tingkat kepercayaan diri setiap orang. Perkembangan zaman yang semakin modern ini sangat memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan tampilan fisik yang mereka inginkan secara mudah dan cepat melalui bedah plastik. Menjaga penampilan melalui bedah plastik yang sesuai dengan prosedur akan mendapatkan penampilan fisik yang diinginkan.

Banyak wanita-wanita di kota besar yang sudah terbiasa melakukan operasi bedah plastik, mereka memandang operasi bedah plastik bukan hal yang tabu lagi karena sekarang ini masyarakat menyadari pentingnya penampilan fisik dan bedah plastik menjadi solusi instan untuk menunjang penampilan mereka. Ruang lingkup bedah plastik tidak hanya mengenai kecantikan saja, namun termasuk dalam microsurgery atau menyambung pembuluh darah, penanganan luka bakar, perawatan bekas luka, kelainan cacat bawaan lahir, bedah tangan, dan bedah craniofacial akibat trauma pada wajah.

Tujuan dari operasi bedah plastik dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan pembedahan untuk rekonstruksi dan pembedahan untuk estetik. Bedah rekonstruksi adalah tindakan untuk mengembalikan fungsi semula dari bagian tubuh tertentu, pada umumnya dilakukan untuk memperbaiki cacat pada tubuh yang disebabkan oleh penyakit atau trauma.

Sedangkan bedah estetik adalah untuk mereka yang ingin memperindah bagian tubuh mereka supaya lebih sempurna lagi. Bedah plastik estetik ini bertujuan untuk orang yang ingin menambah nilai estetika dan kecantikan pada tubuhnya.

dr. Bayu Suhartadi, Sp.BP-RE dari KSM Bedah Plastik RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) membahas seputar Sehat dan Cantik Bersama Bedah Plastik tersebut pada live talkshow Dokter Menyapa di ADiTV Yogyakarta pada Senin, 18 Maret 2019. Pada segmen tanya jawab, masyarakat dapat aktif mengajukan pertanyaan melalui line telepon ke ADiTV Yogyakarta seputar materi yang telah disampaikan. Antusiasme masyarakat pun sangat luar biasa.

Dalam hal ini disampaikan pula bahwa RSST mempunyai Pelayanan Klinik Bedah Plastik yang juga melayani pasien PBI, non-PBI, dan umum. Pelayanan Poliklinik buka pada Hari Senin-Kamis Pukul 07.30 s/d 16.00 WIB, Jumat Pukul 07.30 s/d 14.00 WIB.