Sebaiknya Masker Kain di Ganti Berapa Jam Sih?

Saat pandemi COVID-19 masyarakat diwajibkan memakai masker. Karena masker sangat berguna mencegah penularan COVID-19. Masyarakat memakai masker baik di dalam maupun di luar rumah. Akan tetapi tidak banyak yang mengetahui batas maksimal penggunaan masker kain yaitu 4 jam dan sebaiknya diganti dengan masker kain yang bersih. Selain itu masker wajib diganti apabila sudah basah atau lembab. Disarankan  untuk membawa persediaan masker apabila harus pergi keluar rumah. Pemakaian masker harus tepat dan benar. Masker dipastikan menutup hidung, mulut, dan dagu. Sebaiknya tidak menarik atau menurunkan masker, tidak menyentuh bagian depan masker setelah digunakan. Cara melepaskan masker dengan memegang bagian tali atau pengait tanpa menyentuh bagian kain dan kemudian setelah pemakaian dicuci kembali untuk jenis masker kain.

Pemakaian masker dapat efektif apabila seseorang juga menerapkan protokol kesehatan. Mencuci tangan sebelum memakai masker, sebaiknya menghindari menyentuh wajah terutama mata, hidung, dan mulut. Jangan memegang kain bagian depan masker ketika digunakan.

Tetap mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, menghindari kerumunan serta menjaga jarak fisik minimal satu meter dari orang lain. Terutama dari orang yang bergejala atau mengalami gangguan pernapasan seperti batuk, bersin, demam, dan lain lain.

Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan bila tidak ada air dapat menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol.

Untuk meningkatkan pengetahuan tentang batas pemakaian masker kain maka Tim PKRS melaksanakan kegiatan siaran kesehatan di radio sentral RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro. Diharapkan dengan informasi kesehatan tersebut dapat bermanfaat bagi pasien dan pengunjung pasien RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro.